Breaking News:

Penyakit Diabetes

Bukan Hanya Makanan Manis, Berikut 7 Asupan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Roti non-gandum, nasi, dan pasta merupakan makanan berkabohidrat tinggi, sehingga tidak disarankan dikonsumsi penderita diabetes.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Diabetes merupakan penyakit kronis atau yang berlangsung jangka panjang yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) hingga di atas nilai normal.

Diabetes disebabkan karena adanya gangguan dalam tubuh, sehingga tubuh tidak mampu menggunakan glukosa darah ke dalam sel, sehingga glukosa menumpuk dalam darah.

Bagi para penderita Diabetes menjaga pola hidup sehat sangatlah penting, apalagi dengan mongunsumsi makanan yang bergizi seimbang.

Harus diperhatikan, makanan tertentu dapat meningkatkan gula darah, kadar insulin, dan meningkatkan peradangan yang dapat meningkatkan risiko penyakit.

Mempertahankan asupan rendah karbohidrat dapat membantu mencegah lonjakan gula darah dan sangat mengurangi risiko komplikasi Diabetes.

Pembagian porsi makanan untuk mengendalikan gula darah pada penderita diabetes
Pembagian porsi makanan untuk mengendalikan gula darah pada penderita diabetes (NET)

Maka dari itu pentingnya mengetahui makanan apa saja yang perlu dihindari bagi para penderita Diabetes agar tidak memperburuk penyakit tersebut.

Berikut 6 makanan yang perlu dihindari bagi para penderita Diabetes :

1. Roti, nasi, dan pasta

Roti non-gandum, nasi, dan pasta merupakan makanan berkabohidrat tinggi, sehingga tidak disarankan dikonsumsi penderita diabetes.

Mengonsumsi makanan tersebut telah terbukti meningkatkan kadar gula darah secara signifikan bagi penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved