Berita Purworejo

Polisi Tangkap Pelaku Pencurian di Kantor Desa Pakem Purworejo, Modusnya Pura-pura Jual Kalender

Peristiwa pencurian dilaporkan terjadi di Kantor Desa Pakem, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, pada Selasa (10/01/2023) lalu. 

Penulis: Dewi Rukmini | Editor: Kurniatul Hidayah
Dok Humas Polres Purworejo
Satreskrim Polres Purworejo tangkap dua tersangka pencurian LCD Proyektor di Kantor Desa Pakem, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Rabu (18/01/2023). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Dewi Rukmini

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOREJO - Peristiwa pencurian dilaporkan terjadi di Kantor Desa Pakem, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, pada Selasa (10/01/2023) lalu. 

Akibatnya, satu tas berisi LCD Proyektor merk Epson dan remotnya, beserta dokumen CD Rom milik desa, raib diambil pencuri. 

Kasus pencurian itu diketahui oleh Lestari Nurul (29), Kaur Pemerintahan Desa Pakem, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, pada Rabu (11/01/2023) pagi. 

Baca juga: BURSA TRANSFER Liga Inggris, Man City Naksir Pemain Napoli Khvicha Kvaratskhelia

"Saat itu saya mendapatkan perintah dari Pak Kades untuk mempersiapkan rapat perencanaan anggaran desa awal tahun. Terus saya buka lemari penyimpanan proyektor yang berada di belakang meja. Tetapi proyektornya sudah tidak ada dan lemari tersebut sudah kebuka sekitar 5 centi," cerita Lestari kepada Tribunjogja.com, Rabu (18/01/2023). 

Lestari yang kebingungan pun mulai bertanya kepada seluruh perangkat desa di kantor tersebut. Namun, karena tidak ada yang mengetahui keberadaan proyektor, akhirnya Lestari dan kepala desa datang ke Polres Purworejo melaporkan kejadian dugaan pencurian.

Setelah mendapatkan laporan tersebut, jajaran Satreskrim Polres Purworejo pun lekas bertindak. Hingga beberapa saat kemudian, mereka berhasil meringkus dua orang terduga pelaku pencurian di Kantor Desa Pakem, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. 

Kasatreskrim Polres Purworejo, AKP Khusen Martono, mengungkapkan, kedua tersangka pencurian itu adalah EW (49), warga Kota Batam, Kepulauan Riau, dan DA (42), warga Kabupaten OKU, Sumatera Selatan. 

Menurutnya, kedua tersangka sengaja datang ke Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, untuk melancarkan aksi tak terpuji itu. 

Modus yang mereka pakai adalah mendatangi lokasi kejadian dengan berpura-pura menawarkan kalender tahun 2023. Jika lokasi yang dituju tidak ada orang, maka mereka mencuri barang berharga di tempat tersebut. 

"Awalnya mereka mendatangi tempat kejadian perkara (tkp) dengan sopan. Mereka mengetuk pintu kantor dan mengucapkan salam. Karena tkp tersebut tidak ada orang, maka mereka mulai melancarkan aksi pencurian. Tetapi jika ada orang, kedua pelaku akan berpura-pura menawarkan kelander Polisi News tahun 2023," jelas AKP Khusen. 

Ia menerangkan, kedua pelaku datang dari arah barat menuju ke timur dan menginap di salah satu hotel di wilayah Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, sebelum melancarkan aksinya. 

Untungnya, anggota Satreskrim Polres Purworejo berhasil meringkus kedua tersangka di hotelnya menginap, sebelum kabur meninggalkan Kabupaten Purworejo

Meskipun demikian, saat ini kedua tersangka telah diamankan di Mapolres Purworejo dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengali apakah ada korban lain. 

Baca juga: Kedapatan Edarkan Sabu Seberat 0,5 Gram, Pasutri Asal Candimulyo Magelang Diamankan Polisi

"Dalam perkara ini, kedua tersangka disangkakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukuman maksimal selama 7 tahun penjara," pungkasnya. 

Selain itu, polisi telah menyita barang bukti berupa sepeda motor yang dikendarai tersangka saat melancarkan aksi pencurian dan satu tas berisi LCD Proyektor milik korban.

Adapun korban, diduga mengalami kerugian sebesar Rp 6.250.000. (drm)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved