Breaking News:

Dosen UGM Beberkan Tips Menghindari Pencurian Data Pribadi dalam Kasus Pinjol

Penggerebekan sarang perusahaan Pinjaman Online (Pinjol) marak terjadi akhir-akhir, tak terkecuali di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Kurniatul Hidayah
Tribunjogja.com
ILustrasi Pinjaman Online 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Penggerebekan sarang perusahaan Pinjaman Online (Pinjol) marak terjadi akhir-akhir, tak terkecuali di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Terkait maraknya kasus Pinjol ini, dosen serta peneliti Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM, Lukito Edi Nugroho memberikan sejumlah tips yang bisa dilakukan masyarakat untuk mengamankan data pribadi. 

Pertama, dia masyarakat diminta tidak gegabah mengunggah identitas diri di media sosial. Ketika sebuah data sudah tersebar maka akan rentan diduplikasi termasuk pula untuk mengajukan pinjol. 

Baca juga: Pendaki yang Hilang di Jalur Pendakian Gunung Andong Kabupaten Magelang Ditemukan Selamat

Kedua, masyarakat harus waspada ketika mendapat pesan baik itu SMS, WhatsApp, e-mail, dan lain sebagainya.

Jangan klik link apabila pesan tersebut mencurigakan.. 

"Terlebih, jika pesan yang masuk mengandung iming-iming menggiurkan dan bombastis ini patut diwaspadai.  Sebaiknya langsung dihapus saja pesannya," kata Lukito dalam keterangannya, Selasa (19/10/2021) 

Lalu bagaimana apabila masyarakat terpaksa harus mengajukan peminjaman di pinjol? Dia memberi tips agar masyarakat mengecek dahulu apakah pinjol tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau tidak. 

Menurutnya, saat ini banyak aplikasi pinjol yang beredar di masyarakat tidak terdaftar di OJK. 

Masyarakat pun harus paham syarat, ketentuan, serta mekanisme dari aplikasi pinjol yang mereka gunakan. 

Literasi digital ini penting untuk memahami bagaimana mekanisme pinjol tersebut bekerja. Jangan hanya terbuai dengan iming-imin yang menggiurkan. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved