Breaking News:

Dukung Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak, Orang Tua Wajib Penuhi Kebutuhan Seratnya Setiap Hari

Serat menjadi salah satu jenis zat gizi yang penting untuk dikonsumsi anak  agar sistem pencernaan bisa bekerja optimal.

istimewa
Tangkapan layar webinar sekaligus kampanye ‘Jam Makan Serat’ untuk dukung tumbuh kembang anak 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Serat menjadi salah satu jenis zat gizi yang penting untuk dikonsumsi anak  agar sistem pencernaan bisa bekerja optimal.

Diketahui, 70 persen komponen sistem daya tahan tubuh terdapat pada pencernaan dan itu merupakan faktor penting mendukung tumbuh kembang anak secara holistik.

Namun, konsumsi makanan berserat pada anak-anak masih harus terus didorong karena masih belum menjadi perhatian banyak orang tua di Indonesia.

Baca juga: Sudah Kedua Kalinya 253 Calon Jemaah Haji Kulon Progo Tunda Keberangkatan Ibadah Haji 2021

Dari data Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) tahun 2018, 95,5 persen penduduk Indonesia berusia di atas 5 tahun masih kurang konsumsi serat. 

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa 9 dari 10 anak kekurangan asupan serat, dimana rata-rata anak Indonesia usia 1-3 tahun hanya memenuhi seperempat atau rata-rata 4,7 gram per hari dari total kebutuhan hariannya.

Jumlah ini masih jauh di bawah angka kecukupan gizi (AKG) yang direkomendasikan, yaitu 19 gram serat setiap harinya.

Dokter Spesialis Anak Konsultan dan Ahli Gastrohepatologi, Dr dr Ariani Dewi Widodo SpA(K) mengatakan konsumsi makanan berserat tidak boleh diremehkan.

Menurutnya, kebutuhan serat yang tercukupi dapat membantu optimalisasi kesehatan saluran cerna yang krusial bagi tumbuh kembang dan kesehatan anak.

“Pencernaan yang sehat akan membuat nutrisi makanan terserap dengan baik, yang juga akan berdampak pada sistem daya tahan tubuh anak menjadi lebih baik,” katanya dalam webinar ‘Jam Makan Serat’ yang digelar oleh Bebeclub, Jumat (4/6/2021).

Halaman
12
Penulis: Ardhike Indah
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved