Breaking News:

UPNVY, UNY, UAD, dan 17 Kampus Lain Dicanangkan sebagai Kampus Sehat oleh Kemenkes

Sebanyak 20 kampus se-Indonesia dicanangkan sebagai health promoting university (HPU) pada hari ini (Kamis, 19/11/2020)

Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Kurniatul Hidayah
Tribunjogja/ Maruti A Husna
Pencanangan Kampus Sehat dan Seminar Health Promoting University di UPN "Veteran" Yogyakarta, Kamis (19/11/2020). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebanyak 20 kampus se-Indonesia dicanangkan sebagai health promoting university (HPU) pada hari ini (Kamis, 19/11/2020) di Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNVY). 

Pencanangan HPU sebagai program kerjasama antara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya dilakukan kepada 37 perguruan tinggi terdahulu pada tahun lalu. 

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto yang hadir secara daring mengatakan, kampus sebagai lingkungan pendidikan generasi muda dan tempat berkumpulnya usia produktif memiliki potensi untuk menjadi agen perubahan dan berkontribusi dengan berbagai inovasi dalam upaya promosi kesehatan dan pencegahan berbagai penyakit.

Baca juga: Lagi, Aksi Kakek Cabul Kembali Terjadi di Bantul, Dua Bocah Dirudapaksa dan Terekam CCTV

Baca juga: Polisi Periksa 16 Saksi Kasus Dugaan Pembunuhan di Patuk Gunungkidul

Baca juga: Alat Pemeriksaan Kesehatan Otomatis dari Pertamina Masuk dalam Rekor MURI

"Implementasi kampus sehat juga diperlukan untuk pembudayaan Germas (gerakan masyarakat hidup sehat) di kampus. Khususnya untuk saat ini mencegah penularan penyakit Covid-19. Harapan ke depan seluruh lembaga pendidikan dan perguruan tinggi menjadi kampus sehat kampus, kampus siaga Covid-19," ujar Terawan. 

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam menyampaikan untuk menghadirkan sumber daya manusia unggul harus dimulai dari mahasiswa yang sehat.

Mahasiswa yang sehat harus dimulai dari kampus yang sehat. 

"Kampus yang sehat adalah kampus yang bebas dari narkoba, minuman keras, dan asap rokok. Setiap warganya sehat jasmani, sehat mental, sehat spiritual, dan sehat lingkungan. Dari kantin yang bersih dan sehat. Maupun lingkungan yang hijau dan nyaman untuk beraktivitas," ungkap Nizam. 

Selain itu, lanjutnya, kampus harus bebas dari bullying, kekerasan seksual, maupun ancaman-ancaman di kampus itu sendiri.

"Kampus harus inklusif, ramah terhadap difabel, tidak ada paham-paham yang ekstrem dan juga pihak-pihak yang eksklusif. Kita harapkan mahasiswa sebagai agen perubahan bisa menularkan semangat kesehatan tadi ke lingkungan luar baik lingkungan kos, rumah, dan masyarakat luas," paparnya. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved