Dinas Sosial DIY Tangani Jenazah Terlantar

Jenazah tanpa identitas dan tanpa keluarga atau disebut jenazah terlantar yang ada di DIY, selanjutnya akan diurus oleh Dinas Sosial DIY.

Dinas Sosial DIY Tangani Jenazah Terlantar
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
(ki-ka) Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial DIY Peni Sumarwati dan Kasi Penanganan Korban Bencana Alam dan Bencana Sosial Dinas Sosial DIY Baried Wibawa. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM - Jenazah tanpa identitas dan tanpa keluarga atau disebut jenazah terlantar yang ada di DIY, selanjutnya akan diurus oleh Dinas Sosial DIY.

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial DIY, Peni Sumarwati menjelaskan bahwa masyarakat yang mengetahui keberadaan jenazah tanpa identitas, bisa melaporkan ke pihak kepolisian terdekat terlebih dahulu.

"Kemudian dari kepolisian akan melakukan pemeriksaan terhadap jenazah. Selanjutnya kepolisian akan memberikan surat ke Dinsos terkait pemakaman. Kami melakukan verifikasi dan assessment lalu selanjutnya kami berikan bantuan pemakaman yang ditangani oleh LKS (Lembaga Kesejahteraan Sosial) hingga jenazah dikebumikan," urainya, di ruang kerjanya, Senin (20/1/2020).

Camp Assesment Dinas Sosial DIY Perhatikan Warga Kurang Beruntung

Peni mengatakan, dalam setahun anggaran untuk jenazah terlantar adalah sebanyak 20 jenazah, sementara untuk jenazah yang memerlukan visum adalah 5 jenazah per tahun.

Besaran bantuan pemakaman untuk jenazah terlantar yakni Rp 2,5juta dan untuk keperluan visum per jenazah adalah Rp 1,5 juta.

"Visum ini diperlukan apabila dari kepolisian menemukan adanya tanda-tanda penganiayaan dan sebagainya," ucapnya.

Peni mengaku, selama ini jumlah jenazah terlantar di DIY tidak terlalu tinggi.

Sebut saja untuk tahun 2018 ada 8 kasus dan 2019 ada 11 kasus.

5 Tahap Mudah Tutorial Skincare Morning Routine, Jaga Kulit Wajah Agar Sehat Sedari Pagi

Pada 2019, dari jumlah tersebut yang membutuhkan visum sebanyak 2 jenazah.

Halaman
12
Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved