Yogyakarta

Banyak Pemilih Pemula di Yogyakarta Berpotensi Tidak Menggunakan Hak Pilih

Saat ini ada sekitar 200-300 ribu mahasiswa dari luar daerah yang ada di Yogyakarta dan berpotensi tidak memilih di daerahnya masing-masing.

Banyak Pemilih Pemula di Yogyakarta Berpotensi Tidak Menggunakan Hak Pilih
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Komisioner KPU DIY, Ketua KPU DIY dan peserta Gempita Sidalih saat berfoto bersama usai acara pengecekan daftar pemilih di Silol Kopi and Eatery, Kamis (9/8/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wahyu Setiawan Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM - Komisioner KPU DIY Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Farid Bambang Siswantoro menuturkan masih banyak pemilih pemula yang berpotensi untuk tidak memilih di Yogyakarta.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa asal luar daerah yang bermukim di Yogyakarta.

Dengan banyaknya jumlah mahasiswa ini potensi pemilih pemula untuk tidak berpartisipasi cukup tinggi.

Baca: KPU DIY Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula melalui Gempita Sidalih

"Saat ini ada sekitar 200-300 ribu mahasiswa dari luar daerah yang ada di Yogyakarta dan berpotensi tidak memilih di daerahnya masing-masing saat pemilu," katanya di sela acara Gempita Sidalih di Silol Kopi and Eatery, Kamis (9/8/2018).

Hal ini menunjukkan kesadaran pemilih pemula terhadap pentingnya hak suara dalam pemilu masih rendah.

Oleh karenanya, KPU DIY menggandeng puluhan mahasiswa dari sejumlah kampus di Yogyakarta untuk melakukan pengecekan secara langsung dengan sosialisasi Gempita atau Gerakan Mengecek Daftar Pemilih Serentak melalui laman Sidalih.

Sementara itu, untuk wilayah DIY, Hamdan Kurniawan, Ketua KPU DIY menuturkan ada sejumlah 2 persen pemilih pemula yang mana berhak menyalurkan suaranya dalam pemilu.

Baca: KPU Kota Yogya Ajak Siswa SMKN 7 Yogya Rekam e-KTP

Hal ini membuat pihaknya merasa perlu untuk mengajak para pemilih pemula khususnya pelajar dan mahasiswa yang telah memiliki hak pilih untuk meningkatkan kesadarannya akan partisipasi pemilu.

"Lewat Gempita ini masyarakat dapat mengecek secara langsung melalui laman Sidalih bahwa dirinya sudah terdaftar atau belum dan jika belum akan kita sediakan blangko untuk mengisi sebagai daftar pemilih," katanya pada Tribunjogja.com. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved