Yogyakarta

KPU DIY Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula melalui Gempita Sidalih

Kegiatan ini dimaksudkan agar pengecekan dapat dilakukan masif dan mudah oleh masyarakat terlebih para pemilih pemula.

KPU DIY Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula melalui Gempita Sidalih
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
KPU DIY menggelar Gempita Sidalih untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula dengan mengundang puluhan mahasiswa di Silol Kopi and Eatery, Kamis (9/8/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wahyu Setiawan Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM - Sebagai upaya meningkatkan partisipasi pemilih pemula, KPU DIY mengundang sejumlah mahasiswa dari universitas terkemuka di DIY dengan menggelar Gempita Sidalih di Silol Kopi and Eatery, Rabu (9/8/2018).

Acara yang juga dihadiri oleh Komisioner KPU DIY ini turut mengundang kepala puluhan mahasiswa yang tersebar dari UGM, UNY, UIN Sunan Kalijaga, UPN Veteran Yogyakarta, UAJY serta Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Baca: KPU Kota Yogya Ajak Siswa SMKN 7 Yogya Rekam e-KTP

Hal ini bertujuan menyadarkan partisipasi pemilih pemula untuk melakukan pengecekan daftar pemilih secara pribadi dan mandiri melalui laman Sidalih yang telah disediakan oleh KPU.

Hamdan Kurniawan, Ketua KPU DIY menuturkan pencanangan kegiatan ini dimaksudkan agar pengecekan dapat dilakukan masif dan mudah oleh masyarakat terlebih para pemilih pemula.

"Pengecekan melalui kelurahan-kelurahan secara langsung kita lihat kurang efektif dan tidak banyak masyarakat tergerak, oleh karenanya dengan kegiatan ini masyarakat dapat mengecek secara online melalui laman Sidalih," katanya saat ditanya Tribunjogja.com, Kamis (9/8/2018).

Melalui kesadaran pengecekan daftar pemilih secara online dan mandiri diharapkan mampu meningkatkan kesadaran para pemilih khususnya pemilih pemula yang saat ini masih rendah partisipasinya serta dapat menggunakan hak pilihnya dalam partisipasi pemilu baik pilkada, pileg maupun pilpres.

Baca: Kisah Pengabdian Muh Isnaini Emban Tugas Sebagai Ketua KPU Kulonprogo

"Kita juga berharap masyarakat dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan laman sidalih yang telah disediakan oleh KPU," katanya.

Akses yang telah disediakan oleh KPU ini diharapkan mampu dimanfaatkan oleh generasi muda yang akrab dengan dunia maya.

"Pengecekan dapat dilakukan secara mandiri bahkan bisa diruang privat dan dapat melalui gadget yang saya rasa alat itu sudah dimiliki oleh seluruh masyarakat," pungkasnya. (*)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help