Tips Sehat

Awas Penyakit Kardiovaskuler, Berikut 15 Kebiasaan Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Jantung

Berikut kebiasaan tidak sehat menurut Ahli elektrofisiologi jantung di North Carolina Heart and Vascular, UNC Health Care di Raleigh, Kevin R. Campbel

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
Kompas.com
Sederet kebiasaan tidak sehat memicu penyakit jantung. Foto Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Ahli elektrofisiologi jantung di North Carolina Heart and Vascular, UNC Health Care di Raleigh, Kevin R. Campbell, mengatakan bahwa aktivitas yang dilakukan tanpa berpikir dua kali bisa berdampak pada munculnya penyakit jantung

Pernyataannya itu merujuk pada kebiasaan hidup tidak sehat yang memicu penyakit kardiovaskuler seperti jantung, kanker, stroke, gagal ginjal yang tiap tahun terus meningkat. 

Kevin R. Campbell mengatakan, "Sejumlah aktivitas yang tidak dipikirkan dua kali dapat berdampak negatif pada kesehatan jantung,” katanya. 

ilustrasi
ilustrasi (health.harvard.edu)

Baca juga: Rangsang Sensitivitas Insulin dan Kelola Kadar Gula, Ini 6 Daftar Olahraga bagi Penderita Diabetes

Fakta bahwa beberapa faktor risiko penyakit jantung bisa berasal dari kebiasaan hidup tidak sehat yang mungkin tidak Anda sadari.

Anda mungki tahu bahwa makan makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur adalah kebiasaan penting untuk kesehatan jantung.

Namun, terdapat kebiasaan yang akan merusak upaya Anda dalam menjaga kesejatan jantung

Berikut ini daftar kebiasaan tidak sehat yang memicu penyakit jantung dan wajib Anda waspadai karena kerap dilakukan tanpa kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan jantung:

1. Kurang tidur

Jantung bekerja keras tiap hari. Saat tidur menjadi waktu jantung dapat istirahat, Tribun Jogja mengutip dari Everyday Health via kompas.com.

Selama fase pertama tidur (fase non-REM) tekanan darah menurun, kemudian naik dan turun sebagai respons terhadap mimpi selama fase kedua tidur (REM).

Menurut NHLBI, perubahan tersebut mampu meningkatkan kesehatan kardiovaskular, sehingga jika tidak cukup tidur akan merusak kesehatan jantung.

Kurang tidur kronis juga dapat menyebabkan tingkat hormon kortisol dan adrenalin yang tinggi, mirip dengan tingkat yang Anda alami dalam situasi stres.

Pakar merekomendasikan orang dewasa tidur sekitar 7-8 jam setiap malam.

Baca juga: Awas Kolesterol Tinggi, Dosen Ilmu Kesehatan Ingatkan Enam Tanda Hiperkolesterol yang Muncul di Kaki

Lama waktu tidur yang dibutuhkan

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved