Tips Sehat

Awas Kolesterol Tinggi, Dosen Ilmu Kesehatan Ingatkan Enam Tanda Hiperkolesterol yang Muncul di Kaki

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi D3 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surabaya Suyatno Hadi Saputro menegaskan tanda hiperkolesterol di kaki ada

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
spukkato via Kompas.com
Ilustrasi kram kaki - salah satu tanda hiperkolesterol adalah mengalami kram pada kaki 

TRIBUNJOGJA.COM - Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi D3 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) Suyatno Hadi Saputro menegaskan bahwa kadar LDL kolesterol jahat yang berlebihan di dalam tubuh akan meningkatkan risiko terkena serangan jantung mendadak, stroke, dan masalah kesehatan lainnya.

Mengingat bahaya kolesterol tinggi tersebut, penting untuk mengetahui tanda-tandanya yang bisa dilihat atau dialami kaki setiap orang. 

ilustrasi keram dan kesemutan
ilustrasi keram dan kesemutan (klikdokter)

Yatno menyebutkan ada enam tanda kolesterol tinggi di kaki yang perlu diwaspadai, yakni:

1. Perubahan pada warna kulit maupun kuku

Gejala ini diakibatkan kurangnya aliran darah atau kadar oksigen dalam darah menurun. Sel yang berada di daerah tersebut tidak mendapatkan cukup nutrisi karena berkurangnya aliran darah.

"Tanpa oksigen dan nutrisi yang cukup, kulit akan kering sedangkan kuku kaki akan menebal dan tumbuh lebih lambat warna lebih pucat," tandas Yatno.

2. Kaki terasa dingin secara terus menerus bahkan di cuaca panas

Yatno mengungkapkan, hal ini menjadi penanda kolesterol dalam darah sudah terlalu tinggi.

Sehingga menghambat laju aliran darah yang membawa nutrisi dan oksigen menuju kaki berkurang. Kaki yang menjadi dingin ini bisa terjadi di salah satu kaki saja atau di kedua belah kaki.

3. Luka di kaki yang susah sembuh

Ketika aliran darah menuju kaki terganggu, maka kaki akan kekurangan nutrisi dan oksigen dan lukanya biasanya berubah warna menjadi kecokelatan atau kehitaman karena jaringan mati.

"Jika ada yang mengalami beberapa gejala di atas, segera periksakan diri atau meminta bantuan pada petugas kesehatan terdekat," tegas Yatno.

4. Kesemutan

Menurut penelitian kolesterol tinggi berhubungan dengan adanya gangguan pada saraf tepi. Kolesterol tinggi menyebabkan akumulasi berbahaya dan endapan lain di dinding arteri (aterosklerosis).

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved