Kesehatan

Sarwendah Migrain Sampai Harus Operasi, Apa Itu Migrain? Berikut Fakta Tentang Sakit Kepala Sebelah

Apakah migrain itu? Kapan migrain sampai harus ditindaklanjuti dengan pemeriksaan MRI (Magnetic Resonance Imaging) bahkan hingga harus operasi? 

Penulis: Yoseph Hary W | Editor: Yoseph Hary W
p2ptm.kemkes
Fakta tentang migrain - Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Sarwendah dikabarkan mengalami migrain sampai harus operasi di Rumah Sakit Bunda Jakarta. Walau demikian, penyakit yang diderita istri Ruben Onsu hingga harus menjalani operasi tersebut belum diungkap. 

Apakah migrain itu? Kapan migrain sampai harus ditindaklanjuti dengan pemeriksaan MRI (Magnetic Resonance Imaging) bahkan hingga harus operasi? 

Sarwendah yang dikabarkan sering migrain, setelah pengecekan pada bagian kepalanya melalui pemeriksaan MRI (Magnetic Resonance Imaging), belakangan dikabarkan menjalani operasi. 

"Minta kita doakan semoga lancar ya. Nginep di rumah sakit persiapan bunda operasi, semoga semuanya lancar ya," kata Betrand yang menjaga bunda Sarwendah mengingat Ruben Onsu sedang bertugas di Singapura, dikutip Tribun Jogja via laporan Kompas.com pada Rabu 15 Juni 2022.

KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI, Ruben Onsu, Sarwendah, dan Betrand Peto saat acara Imlek
KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI, Ruben Onsu, Sarwendah, dan Betrand Peto saat acara Imlek (KOMPAS.com/BAHARUDIN AL FARISI)

"Bundanya semoga sehat-sehat," lanjut Betrand.

Selain Betrand Peto, Thalia, dan Thania pun ikut menemani Sarwendah di rumah sakit. Mereka bahkan tidur satu ranjang menunggu keesokan harinya Sarwendah operasi.

Betrand memastikan Sarwendah, Thalia, dan Tania sudah tidur nyenyak.

Pengertian migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah adalah nyeri kepala berulang dengan serangan nyeri yang berlangsung 4 sampai 72 jam.

Migrain biasanya menyerang pada satu sisi kepala (unilateral), dan sifatnya berdenyut dengan intensitas nyeri sedang sampai berat (diperberat dengan aktivitas).

Sakit kepala sebelah juga sering disertai mual, muntah, fotofobia (sensitif terhadap cahaya), fonofobia (sensitif terhadap suara).

Tribun Jogja mengutip dari laman p2ptm kemkes, disebutkan sekitar 20 persen wanita mengalami migrain dalam kehidupannya. Prevalensi migran masing – masing negara antara 3 sampai 35 persen.

Jenis Migrain

Berikut ini jenis-jenis migrain dikutip Tribun Jogja dari sumber laman yang sama, disebutkan ada beberapa jenis migrain atau sakit kepala sebelah

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved