Breaking News:

Peran Guru Krusial di Masa Pandemi, Perlu Ubah Pola Perilaku Siswa untuk Pahami Prokes

Pengamat kebijakan pendidikan Universitas Gadjah Mada (UGM), Agustinus Subarsono MSi MA PhD mengatakan sebelum dan sesudah pandemi Covid-19 peran

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah
dok.istimewa
ilustrasi berita pendidikan 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Peran guru masih sama seperti sebelum pandemi Covid-19 melanda.

Pengamat kebijakan pendidikan Universitas Gadjah Mada (UGM), Agustinus Subarsono MSi MA PhD mengatakan sebelum dan sesudah pandemi Covid-19 peran utama guru tetap sama yaitu mendidik karakter dan transfer ilmu pengetahuan pada anak didik.

Menurutnya, guru mampu mendidik karakter anak agar menjadi pribadi yang jujur, percaya diri, memiliki komitmen dan lain-lain.

Baca juga: Dua Atlet Para Angkat Berat DIY Wakili Indonesia di Ajang Asian Youth Paragames

Sedangkan, melakukan transfer ilmu pengetahuan agar anak didik memiliki tingkat kognitif yang lebih tinggi.

“Di dalam masa pandemi ini, ada satu peran lagi yang dibebankan guru yaitu soal mengubah pola perilaku siswa,” ungkapnya, Kamis (25/11/2021).

Menurutnya, guru bisa memberi contoh agar kebiasaan siswa bisa menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat dan terhindar dari virus corona.

Ia menilai pembentukan karakter anak memang sulit dilakukan apabila kegiatan belajar mengajar masih dilakukan secara daring.

Dengan beberapa kelemahan, disebutnya, guru tetap bisa mengajarkan tepat waktu pada siswa, memberikan tugas-tugas dengan memberi sanksi bagi mereka yang tidak disiplin dan tidak mengumpulkan tugas dan lain-lain.

“Artinya dengan berbagai inovasi yang dilakukan guru tetap bisa dilakukan. Meski tidak seoptimal jika tatap muka," ucap dosen Departemen Manajemen dan Kebijakan Publik, Fisipol UGM itu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved