Breaking News:

Kabupaten Bantul

Persiapan Pemilu 2024, KPU Bantul Lakukan Pemutakhiran Data Berkelanjutan

KPU berkewajiban untuk melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan.

Tribunjogja/Ahmad Syarifudin
Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul melaksanakan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan.

Kegiatan tersebut merupakan satu di antara persiapan Pemilu Serentak 2024 mendatang. 

Ketua KPU Kabupaten Bantul, Didik Joko Nugroho mengatakan pemutakhiran data berkelanjutan sudah dilaksanakan sejak April lalu.

Menurut UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, KPU berkewajiban untuk melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan.

Baca juga: KPU Bantul Gandeng UMY untuk Menyukseskan Program Desa Pelopor Demokrasi

"Pemutakhiran data pemilih sudah dilaksanakan sejak April lalu. Kami akan melakukan (pemutakhiran data pemilih) setiap bulan dengan melalukan rekapitulasi data pemilih,"katanya, Kamis (10/06/2021).

Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan memang diperlukan.

Tujuannya agar dapat memperbaharui data pemilih, satu di antaranya adalah menambahkan pemilih baru yang belum terdaftar.

Tak hanya itu adanya warga yang sudah meninggal juga perlu perhatian. Termasuk juga peralihan status menjadi TNI/Polri dan lainnya. 

Ia melanjutkan data dasar untuk pemutakhiran data berkelanjutan di Bantul adalah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Pemilihan Tahun 2020.

Halaman
12
Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved