Breaking News:

Cegah Terulangnya Insiden Jukir Liar 'Nuthuk', Pemkot Yogyakarta Giatkan Pengawasan

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta berupaya mengantisipasi potensi kemunculan juru parkir (jukir) liar di wilayahnya.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Miftahul Huda
Suasana sidang tipiring juru parkir nakal di Yogyakarta, Rabu (19/5/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta berupaya mengantisipasi potensi kemunculan juru parkir (jukir) liar di wilayahnya.

Terutama, selepas ditemukannya kasus jukir liar 'nuthuk' di sebelah timur kawasan Gembira Loka Zoo, atau Jalan Kebun Raya, Kota Yogyakarta.

Kabid Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Imanudin Aziz menyampaikan, pihaknya mendorong para pengelola tempat khusus parkir (TKP) swasta, agar segera mengajukan perizinan.

Baca juga: Belanja Pemerintah dan Investasi Harus Dioptimalkan Agar Perekonomian DIY Triwulan II Tetap Tumbuh

Pasalnya, selama ini, masih banyak kesalahpahaman dari jukir terkait skema perizinan.

"Walaupun pengelola sudah bayar pajak parkir, itu bukan berarti izin. Tapi, memang sudah kewajiban. Yang pertama dilakukan adalah mengurus izinnya dulu. Persepsi mereka seperti itu, ya," terang Aziz, Kamis (20/5/2021) siang.

Walau begitu, ia mengatakan, dua TKP swasta di kawasan Gembira Loka Zoo yang terciduk aparat tersebut, langsung mengurus perizinan, setelah mendapat pemahaman dari Dishub.

Sehingga, ketika proses selesai, mereka boleh beroperasi kembali, dan statusnya sudah legal.

"Toh, sebenarnya mereka tidak buka setiap hari, ya, hanya Sabtu dan Minggu. Jadi, sambil menunggu proses izinnya, mereka juga sudah bayar denda di PN," cetusnya.

Aziz berharap, tindak pidana ringan yang dibarengi denda uang tunai sebesar Rp 500 ribu tersebut, dapat memberikan efek jera pada pelaku parkir liar.

Apalagi, jika melihat kasus-kasus terdahulu, hukuman itu termasuk yang paling besar dan dianggap sudah cukup memberatkan pelaku.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved