Breaking News:

Aliran Uang Fee Kasus Suap Pengadaan Bansos Covid-19 di Kemensos, Beli Brompton Hingga Bayar Artis

Uang fee kasus dugaan suap pengadaan bansos Covid-19 di Kementrian Sosial mengalir ke sejumlah pihak dan digunakan untuk operasional pejabat

Editor: Hari Susmayanti
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso via Kompas.com
Tersangka mantan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara (kanan) tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (1/4/2021). Berkas perkara Juliari Batubara yang terjerat kasus dugaan korupsi dana paket Bantuan Sosial (Bansos) COVID-19 untuk wilayah Jabodetabek Tahun 2020 memasuki tahap dua dan siap disidangkan di pengadilan. 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Uang fee kasus dugaan suap pengadaan bansos Covid-19 di Kementrian Sosial mengalir ke sejumlah pihak dan digunakan untuk operasional pejabat.

Di antaranya untuk honor artis Cita Citata, sewa jet pribadi, pembelian sepeda Brompton, pembelian handpone pejabat Kemensos hingga kegiatan lain.

Hal itu terungkap dalam dakwaan yang dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam sidang yang digelar di PN Tipikor Jakarta, Rabu (21/4/2021).

"Pembayaran kepada EO untuk honor artis Cita Citata dalam acara Makan Malam dan Silaturahmi Kemensos RI di Ayana Komodo Resort Labuan Bajo tanggal 27 November 2020 sebesar Rp 150 juta," papar Jaksa dalam sidang di PN Tipikor Jakarta, Rabu (21/4/2021).

Adapun pembayaran tersebut dilakukan melalaui dua bawahan mantan Menteri Sosial Juliari Batubara, yaitu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pengadaan bansos sembako Covid-19 pada Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kemensos periode April-Oktober 2020, Matheus Joko Santoso.

Serta Kabiro Umum Kemensos sekaligus PPK pengadaan bansos sembako Covid-19 periode Oktober-Desember 2020, Adi Wahyono.

Baca juga: Juliari Akui Beri 50 Ribu Dollar Singapura ke Ahmad Suyuti Sebagai Uang Operasional DPC PDIP Kendal

Baca juga: Rincian Aliran Fee Bansos Covid-19 Rp14,7 Miliar Mulai dari Juliari Batubara Hingga Cita Citata

Dalam dakwaannya, jaksa juga menyebut penggunaan fee dana bansos yang diterima Juliari digunakan untuk menyewa jet pribadi.

Jet pribadi itu digunakan untuk tiga kali kunjungan Juliari beserta para rombongan Kemensos.

Pembayaran sewa jet pribadi ke dua kota yakni Lampung dan Denpasar menghabiskan total Rp 540 juta.

Sedangkan pembayaran sewa jet pribadi ke Semarang menghabiskan dana 18.000 dolar Amerika.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved