Breaking News:

Lowongan Abdi Dalem Kraton Yogyakarta Masih Terbuka, Berikut Persyaratan dan Posisinya

Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat membuka lowongan dan pendaftaran menjadi abdi dalem Kraton, berikut daftar persyaratannya

TRIBUNJOGJA/Bramasto Adhy
GAJIAN ABDI DALEM - Ratusan abdi dalem menerima gaji di Bangsal Kagungan Dalem Magangan, komplek Kraton Ngayogyakarta, Senin (27/8). Gaji yang berasal dari alokasi Dana Keistimewaan (Danais) tersebut diberikan dua bulan sekali dengan besaran yang berbeda-beda tergantung pangkat abdi dalem. TRIBUNJOGJA/Bramasto Adhy 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Lowongan untuk menjadi abdi dalem Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Kraton Yogyakarta masih terbuka.

Ini bisa dikatakan menjadi yang pertama kalinya Kraton Yogyakarta membuka lowongan abdi dalem secara terbuka untuk masyarakat.

Pada masa lalu Keraton Yogyakarta tidak pernah secara terbuka membuka lowongan atau pendaftaran untuk menjadi abdi dalem.

Sejumlah persyaratan hingga tahapan proses seleksi pun diumumkan melalui media sosial, bagi masyarakat yang ingin mendaftar.

Pendaftaran untuk menjadi abdi dalem Kraton Yogyakarta pun masih terbuka hingga 1 Maret 2021.

"Pendaftaran dibuka hingga 1 Maret 2021 dan dokumen yang tertera di syarat khusus bisa dikirimkan melalui e-mail: kridhomardowo@kratonjogja.id. Informasi lebih lanjut & narahubung (SMS & WhatsApp, tidak menerima telepon): 0822-2764-9449 (Nyi MJ. Retnolumaksomardowo/Retno)," demikian bunyi pengumuman yang tercantum dalam akun instagram resmi @kratonjogja.

Hal inipun sekaligus membuka kesempatan bagi warga masyarakat yang ingin mengabdi di Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Pengumuman terkait pendaftaran dan lowongan sebagai abdi dalem Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat tersebut pertama kali diunggah oleh Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Kridhomardowo, yang membidangi kesenian dan pertunjukan di Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Terdapat lima poster digital yang diunggah akun media sosial resmi Kraton Jogja.

Baca juga: Apa Kata Sri Sultan HB X Soal Ketimpangan Ekonomi Daerah Istimewa Yogyakarta Tertinggi Versi BPS? 

Baca juga: Sri Sultan HB X Tunggu Kepastian untuk Menerima Vaksin COVID-19 Khusus Lansia

Dalam poster yang diunggah tersebut, disertakan pula berbagai macam syarat untuk mendaftarkan diri menjadi abdi dalem di KHP Kridhomardowo pada empat golongan yaitu wiyaga, pasindhen, lebdaswara, dan musikan.

Halaman
1234
Penulis: Tribun Jogja
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved