Breaking News:

Bupati Klaten Sri Mulyani Minta Pengungsi Gunung Merapi untuk Tetap Bertahan di Barak Pengungsian

Kebijakan itu diambil oleh Pemkab Klaten agar masyarakat lebih aman dan terpantau segala bentuk aktivitasnya

Tribun Jogja/ Almurfi Syofyan
Bupati Klaten, Sri Mulyani, saat ditemui awak media di TES Desa Balerante, Selasa (19/1/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Bupati Klaten, Sri Mulyani, meminta para pengungsi Gunung Merapi yang berada di Desa Balerante dan Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang untuk tetap bertahan di Tempat Evakuasi Sementara (TES).

Hal itu ditegaskan oleh Mulyani saat mendampingi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, saat meninjau TES Desa Balerante, Selasa (19/1/2021).

"Kondisi saat ini kan Merapi masih siaga level 3. Untuk pengungsi di desa Balerante dan Tegalmulyo kami Pemerintah Kabupaten Klaten memiliki kebijakan agar pengungsi tetap berada di barak pengungsian dulu," ujarnya.

Menurut Sri Mulyani, kebijakan itu diambil oleh Pemkab Klaten agar masyarakat lebih aman dan terpantau segala bentuk aktivitasnya selama berada di tempat evakuasi sementara tersebut.

"Semua itu diminta sampai turunnya status Gunung Merapi dan ini demi keselamatan bersama," jelasnya.

Baca juga: Sebanyak 728 CPNS Pemkab Klaten Akan Terima SK Penetapan

Baca juga: Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Kunjungi Pengungsi Gunung Merapi di Klaten, Begini Pesannya

Kemudian Sri Mulyani juga meminta bagi warga yang berada di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Gunung Merapi di Klaten untuk tetap bermalam di TES yang ada.

"Saat malam kami minta untuk tidur dan bermalam di TES yang ada," imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengunjungi pengungsi Gunung Merapi yang berada di Tempat Evakuasi Sementara (TES) Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Selasa (19/1/2021).

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat mengunjungi Pengungsi Gunung Merapi di Desa Balerante, Klaten, Selasa (19/1/2021).
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat mengunjungi Pengungsi Gunung Merapi di Desa Balerante, Klaten, Selasa (19/1/2021). (TRIBUNJOGJA/ Almurfi Syofyan)

Dalam kunjungan itu, Ganjar ingin memastikan kondisi pengungsi Gunung Merapi di desa tersebut pascamunculnya guguran lava pijar dan awan panas dalam beberapa waktu terakhir.

"Saya pantau kondisi (Merapi) setiap hari, sebenarnya Ibu Bupati sudah sering bilang kalau kondisi aman terkendali, tapi saya ingin memastikan dan melihat kondisi di pengungsian seperti apa," ujarnya pada awak media di sela-sela kunjungan.

Halaman
12
Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved