Breaking News:

Pengungsi Gunung Merapi

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Kunjungi Pengungsi Gunung Merapi di Klaten, Begini Pesannya

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengunjungi pengungsi Gunung Merapi yang berada di Tempat Evakuasi Sementara (TES)

TRIBUNJOGJA/ Almurfi Syofyan
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat mengunjungi Pengungsi Gunung Merapi di Desa Balerante, Klaten, Selasa (19/1/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengunjungi pengungsi Gunung Merapi yang berada di Tempat Evakuasi Sementara (TES) Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Selasa (19/1/2021).

Dalam kunjungan itu, Ganjar ingin memastikan kondisi pengungsi Gunung Merapi di desa tersebut pascamunculnya guguran lava pijar dan awan panas dalam beberapa waktu terakhir.

"Saya pantau kondisi (Merapi) setiap hari, sebenarnya Ibu Bupati sudah sering bilang kalau kondisi aman terkendali, tapi saya ingin memastikan dan melihat kondisi di pengungsian seperti apa," ujarnya pada awak media di sela-sela kunjungan.

Baca juga: Sembilan Hari Penerapan PSTKM DI Yogyakarta, Sekda DIY: Kasus Covid-19 Turun 5 Persen

Baca juga: UPDATE Peta Epidemiolog Covid-19 di Wilayah Sleman, Mayoritas Masih Berstatus Zona Merah

Ia pun mengapresiasi kondisi pengungsian di TES Balerante, terutama telah adanya sekat dan cukup banyaknya fasilitas penunjang atau bantuan yang diberikan oleh berbagai kalangan kepada pengungsi tersebut.

"Pelayanan di sini bagus, fasilitasnya cukup bagus dan tadi sudah di sekat-sekat ya. Mudah-mudahan di antara mereka saling bisa menjaga," imbuhnya.

Ganjar pun mengaku selama dirinya berbincang dengan para pengungsi di TES tersebut, para pengungsi mengaku tidak memiliki keluhan yang berarti selama berada di tempat evakuasi sementara tersebut.

"Kalau keluhan nggak sih. Rasa-rasanya mereka nyaman disini. Tinggal tadi itu ada yang bocor-bocor sedikit untuk diperbaiki. Untuk makan mereka cukup, MCK juga ada, yang penting nyaman ya ibu-ibu," jawab Ganjar.

Baca juga: Update Covid-19 Kulon Progo: Tambahan 30 Kasus Baru Dilaporkan Hari Ini

Baca juga: Dinkes Sleman: Total tersisa Puluhan Bed untuk Pasien Covid-19 di Shelter Asrama Haji dan Gemawang

Di samping itu, Ganjar juga berpesan agar para pengungsi untuk selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19 selama berada di pengungsian tersebut.

Hal itu demi menghindari terjadinya penyebaran virus Corona di tempat evakuasi sementara Balerante itu.

"Cuci tangan itu penting sesering mungkin ya. Selalu ikuti perintah dan tanda-tanda dari petugas. Karena ini ada hujannya, ada letupan merapi juga dan ada korona-nya," imbuhnya. (Mur)

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved