Berita Pendidikan

Fakta, Di Saat Masih Minim Guru Besar di Indonesia, UMY Sukses Tambah Satu Guru Besar

Fakta, Di Saat Masih Minim Guru Besar di Indonesia, UMY Sukses Tambah Satu Guru Besar

Dok ist
Seremonial penyerahan SK Guru Besar kepada UMY atas penambahan satu Guru Besar dari Program Studi Teknik Mesin, Prof Dr Ir Sukamta, MT, IPM, Senin (14/12/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Jumlah guru besar di Indonesia masih sangat kecil. Hal ini diungkapkan Kepala LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta, Prof Dr Didi Achjari, SE, MCom, Ak, CACA dalam acara seremonial penyerahan SK Guru Besar kepada UMY atas penambahan satu Guru Besar dari Program Studi Teknik Mesin, Prof Dr Ir Sukamta, MT, IPM, Senin (14/12/2020).

Didi menuturkan, Di DIY yang merupakan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilyah V (LLDIKTI Wilayah V) saat ini total terdapat 109 guru besar dari sekitar 7000 dosen yang ada.

"Guru besar di Indonesia jumlahnya tergolong masih sangat kecil, jika di LLDIKTI Wilayah V saat ini total 109 guru besar dari total sekitar 7000 dosen. Sehingga angka ini masih sangat kecil yang jumlahnya jika dipersentasekan tidak ada 10 persen," ujarnya.

Oleh karena itu, pihaknya terus mendorong bertambahnya guru besar di suatu perguruan tinggi.  Adanya guru besar diharapkan bisa meningkatkan mutu dalam pendidikan tinggi tersebut.

Kualifikasi guru besar tersebut diharapkan dapat membimbing para mahasiswa, mendorong para dosen-dosen yang lain untuk melakukan penelitian-penelitian yang berkualitas, sehingga dapat membawa iklim akademik yang lebih baik.

Baca juga: UPDATE Pilkada Gunungkidul :Menggembirakan, Partisipasi Pilkada Gunungkidul Lampaui Target 80 Persen

Baca juga: TV Siaran Langsung & Live Streaming Wolves vs Chelsea Premier League Malam Ini, Prediksi Formasi

Baca juga: Hati Hati, Hindari Berbuat Seperti Ini Pada Kucing Kesayangamu, Bisa Bikin Kucing Stres dan Sakit

Menurut Didi, dengan semakin banyaknya guru besar di suatu perguruan tinggi, maka harapannya akan semakin meningkatkan kualitas pendidikan tinggi.

Pada kesempatan tersebut, Didi juga menyampaikan, dengan diserahkannya SK Guru Besar Prof Ir Sukamta, MT, IPM ini bisa menjadi motivasi bagi dosen dalam meningkatkan jenjang karir fungsional.

”Oleh karena itu, dengan diserahkannya SK Guru Besar kepada Prof Sukamta ini harapannya memberikan berkah bagi UMY dan semakin menguatkan iklim penelitian dan meningkatkan mutu pendidikan di UMY serta memacu dan mendorong motivasi bagi para dosen-dosen untuk meningkatkan jenjang karir fungsional menjadi seorang guru besar,” kata Didi.

Sementara itu, sesuai dengan rencana strategis UMY tahun 2020-2025 menuju research university, UMY terus mendorong iklim pendidikan yang berkualitas oleh sivitas akademika, khususnya dengan menambah jumlah guru besar di UMY.

Ilustrasi : Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P, IPM saat memberikan sambutan dalam wisuda lulusan Vokasi, Sarjana, & Pascasarjana periode II 2020/2021 di gedung Sportorium UMY, Kamis (10/12/2020).
Ilustrasi : Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, M.P, IPM saat memberikan sambutan dalam wisuda lulusan Vokasi, Sarjana, & Pascasarjana periode II 2020/2021 di gedung Sportorium UMY, Kamis (10/12/2020). (Istimewa/Dok UMY)

Rektor UMY, Dr Ir Gunawan Budiyanto, MP, IPM menuturkan, diberikannya SK Guru Besar kepada Prof Dr Ir Sukamta, MT, IPM dengan nomor 115224/MPK/KP/2020 tentang kenaikan jabatan akademik menjadi semangat baru bagi UMY untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan perguruan tinggi.

Gunawan mengungkapkan, adanya penambahan guru besar di UMY ini sebagai semangat bagi civitas akademika, khususunya bagi para dosen.

"Adanya penambahan guru besar di UMY ini sebagai semangat bagi sivitas akademika, khususunya bagi para dosen.

Selain itu juga terima kasih kepada para dosen yang mau berjuang dalam menyambut program-program pada peningkatan jabatan fungsional yang telah diadakan di UMY,” jelasnya.

Gunawan menambahkan, bertambahnya satu guru besar menjadi langkah awal kepada para dosen UMY yang sedang dipersiapkan menjadi guru besar.

”Mudah-mudahan ini menjadi langkah awal kepada para dosen UMY yang sedang dipersiapkan untuk diajukan menuju jenjang karir fungsional, yaitu menjadi guru besar.

Sehingga dengan bertambahnya guru besar di UMY ini juga dapat meningkatkan kualitas mutu perguruan tinggi khususnya di UMY,” imbuhnya.

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved