Breaking News:

Pilkada Sleman 2020

Bupati Sleman Sebut Siap Gelar Pilkada 2020

Pemerintah Kabupaten Sleman memastikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sleman 2020 berjalan baik.

Penulis: Christi Mahatma Wardhani | Editor: Kurniatul Hidayah
Tribunjogja/ Christi Mahatma Wardhani
Bupati Sleman, Sri Purnomo memberikan keterangan terkait persiapan Pilkada Sleman yang diselenggarakan 9 Desember mendatang, Senin (30/11/2020) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Pemerintah Kabupaten Sleman memastikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sleman 2020 berjalan baik.

Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sleman. 

"Prinsipnya kami dengan KPU Sleman bersama dengan Bawaslu Sleman dan Forkopimda siap untuk menjalankan tugas," katanya, Senin (30/11/2020).

Baca juga: UPDATE Covid-19 Gunungkidul : Nol Kasus Baru Selama 2 Hari Terakhir

Baca juga: Hendak Menyulut Rokok, Satu Unit Mobil Mengalami Kecelakaan di Galur Kulon Progo 

Baca juga: P21, Tersangka Kasus Perusakan Pos Polisi Demo Omnibus Law Segera Diserahkan ke Kejaksaan

Ia melanjutkan Pilkada Sleman yang digelar 9 Desember mendatang sangat spesial, sebab berada di tengah pandemi COVID-19 dan peningkatan status Gunung Merapi menjadi Siaga (level 3).

Menurut dia, perlu persiapan yang benar-benar matang agar Pilkada Sleman 2020 dapat terselenggara dengan baik. 

"Kami sebagai penyelenggara harus bisa menyelenggarakan sebaik-baiknya. Karena Sleman spesial, ada COVID-19 dan siaga Merapi. Sehingga harus benar-benar diperhatikan," lanjutnya. 

Orang nomor satu di Sleman tersebut juga memastikan seluruh warga Sleman yang memiliki hak pilih dapat menyalurkan haknya, termasuk pasien yang berada di rumah sakit dan di barak pengungsian. 

Terkait dengan Tempat Pemungutan Suara (TPS) darurat di pengungsian, saat ini KPU Sleman sedang berkoordinasi dengan KPU RI. Menurut dia, penyelengaraan Pilkada harus ditempat yang aman. 

Baca juga: Dinas Sosial Terus Salurkan Bantuan untuk Lansia di DIY

Baca juga: Pandemi Covid-19 Belum Usai, Pemkot Yogyakarta Ingatkan Pentingnya Penerapan PHBS

Baca juga: RS Rujukan Covid-19 DI Yogyakarta Mulai penuh, Begini Tanggapan Sri Sultan HB X

"Secara teknis akan diselesaikan oleh KPU Sleman. Nanti akan disiapkan, KPU sedang mengajukan izin ke KPU RI untuk payung hukum, untuk memindahkan TPS yang di atas ke daerah aman. Yang jelas tidak akan menyelenggarakan di tempat yang tidak aman," ujarnya. 

Terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman, Trapsi Haryadi menambahkan saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Forkopimda, BPBD Sleman, dan juga PPK.

"Dan tentunya kami konsultasi dengan KPU RI melalui KPU DIY. Tetapi sampai hari ini belum ada hasil dari konsultasi tersebut," tambahnya. (maw)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved