Siapa Saja Golongan yang Berhak Menerima Daging Kurban? Ini Syarat dan Ketentuannya Menurut Islam

Syarat dan ketentuan serta kepada siapa sajakah daging hewan kurban saat Idul Adha dapat dibagikan

TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Pemotongan hewan kurban di wilayah Kasihan, Bantul. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Hari Raya Kurban atau Idul Adha 1441 H akan dirayakan pada Jumat (31/7/2020) mendatang.

Pada hari itu, umat Islam juga akan melaksanakan ibadah kurban alias menyembelih hewan ternak yang sesuai ketentuan dan syariat Islam.

Umumnya, hewan kurban yang disembelih di Indonesia adalah kambing dan sapi.

Terkait ibadah kurban, tentu perlu diketahui oleh seluruh umat muslim syarat dan ketentuan serta kepada siapa sajakah daging hewan kurban dapat dibagikan?

Berikut penjelasannya.

Kutipan Hadist Tak Diperkenankan Berpuasa Pada 11,12,13 Dzulhijjah atau Hari Tasyrik

Jadwal Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah Idul Adha 2020, Berikut Tata Cara dan Niatnya

Menurut ustaz Beny Susanto, Pengurus Ponpes Sunan Kalijaga Gesikan, A'wan Syuriah PWNU DIY, daging hewan kurban nantinya dibagi berdasarkan atas niat dari sahibul kurban (orang yang berkurban), yakni kurban yang hukumnya wajib (kurban yang dinazarkan) dan kurban yang hukumnya sunah.

"Maksudnya, kurban menjadi wajib apabila terdapat nazar, misalnya ada orang yang bernazar akan berkurban apabila lulus sekolah atau dikaruniai seorang anak. Maka,  ketika cita-cita itu tercapai wajib untuk mengeluarkan kurban yang ia nazarkan. Sedangkan, sunnah dilakukan bagi mereka yang mampu," jelasnya kepada TRIBUNJOGJA.COM.

Sehingga, lanjut Ustaz Beny, bagi mereka (sahibul kurban) yang berkurban karena nazar maka ia tidak boleh mengambil sedikit pun daging yang dikurbankannya.

Rika bersama Gombloh yang kini menjadi milik Presiden Jokowi untuk ibadah kurban Iduladha nanti, saat dijumpai di kediamannya, di Argomulyo, Sedayu, Bantul, Rabu (8/7/2020).
Rika bersama Gombloh yang kini menjadi milik Presiden Jokowi untuk ibadah kurban Iduladha nanti, saat dijumpai di kediamannya, di Argomulyo, Sedayu, Bantul, Rabu (8/7/2020). (TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan)

Sedangkan, bagi mereka (sahibul kurban) yang bukan karena nazar bisa memakan maksimal sepertiga bagian dari daging hasil hewan kurban tersebut.

Halaman
12
Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved