Yogyakarta

Satpol PP DIY Gencar Razia Anjal dan Gepeng yang Merebak Saat Ramadan

Operasi ini dilakukan terus-menerus selama tiga hari berturut-turut dimulai tanggal 27 - 29 Mei 2019 dengan menjaring 35 anjal gepeng dan psikotik.

Satpol PP DIY Gencar Razia Anjal dan Gepeng yang Merebak Saat Ramadan
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Satpol PP DIY gencar menggelar operasi penertiban anak jalanan (anjal), gelandangan pengemis (gepeng) menjelang Ramadan.

Kepala Seksi Penegakan dan Penyidikan Satpol PP DIY, Sumantri bersama pasukannya menggelar operasi ini untuk menjaga tertib lingkungan dan suasana kondusif selama Ramadan.

Ia memaparkan operasi ini dilakukan terus-menerus selama tiga hari berturut-turut dimulai tanggal 27 - 29 Mei 2019 dengan menjaring 35 anjal gepeng dan psikotik.  

5 Inspirasi Gaya Lebaran Ala Yaseera yang Bakal Bikin Penampilanmu Tetap Kece

Sumantri memaparkan, kegiatan penertiban anjal gepeng  yang dilaksanakan di hari pertama, Senin 27 Mei 2019  mengambil rute dimulai dari Kantor Satpol PP di kompleks JEC - Perempatan Gedong Kuning - Jalan Kusumanegara – Jalan Hayam Wuruk - Jalan Suryatmajan - Kepatihan - Jalan Mataram - Pasar Kembang - Jalan Demak Ijo - Ringroad Barat - Pasar Gamping - Jalan Wates - Sono Sewu - Patang Puluhan - Jokteng Kulon - Jokteng Wetan - Camp Asesment Dinas Sosial.

"Hasil operasi kali ini dapat menjaring 12 orang dengan kategori tujuh anak jalanan, dua gelandangan, satu pengemis dan dua psikotik," jelas Sumantri, Kamis (30/5/2019).

Dari data yang diperoleh Tribunjogja.com, mereka yang terjaring ada yang masih di bawah umur atau kurang dari 17 tahun dan yang tertua berusia 69 tahun. 

Selain itu, kebanyakan malah berasal dari luar Jogja ada 10 luar Jogja, satu orang dari Jogja dan satu tanpa identitas diri.

Karena masih maraknya anjal gepeng, Satpol PP DIY kembali melaksanakan operasi pada Selasa 28 Mei 2019, dengan menjaring delapan orang, dengan kriteria  tiga gelandangan, tiga pengemis, seorang pengamen dan seorang psikotik.

Lakukan Razia, Polsek Gondoksuman Sita 25 Botol Miras

Mereka yang terjaring, dari delapan yang terjaring lima diantaranya dari luar Jogja dan tiga orang dari wilayah Jogja.

"Hari berikutnya Rabu 29 Mei 2019 kami melaksanakan operasi penertiban kembali. Tanpa diduga justru menjaring lebih banyak lagi yaitu sebanyak 15 orang," ungkapnya.

Ke-15 orang ini dibagi menjadi tiga gelandangan, sembilan pengemis, seorang pengamen dan dua psikotik.

Halaman
12
Penulis: nto
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved