Menilik Fasilitas Mewah Bandara YIA Kulonprogo, Punya Runway Terpanjang Hingga Masjid Berkonsep Unik

Bandara YIA Kulonprogo memiliki landas pacu (runway) terpanjang, terminal penumpang megah, hingga masjid dengan konsep unik.

Tribunjogja.com | Singgih Wahyu N
Kondisi perkembangan pembangunan bandara YIA di Kulon Progo hingga Selasa (23/4/2019). 

Menilik sejumlah fasilitas mewah yang dimiliki Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo. Mulai dari runway terpanjang hingga masjid berkonsep unik

TRIBUNJOGJA.COM - Bandara Internasional Yogyakarta yang baru atau Yogyakarta International Airport (YIA) yang berlokasi di Temon, Kabupaten Kulonprogo memiliki sejumlah fasilitas mewah.

Bandara YIA Kulonprogo ini disebut-sebut memiliki sejumlah fasilitas lengkap yang menunjangnya sebagai bandara bertaraf internasional.

Bandara YIA Kulonprogo memiliki landas pacu (runway) terpanjang, terminal penumpang megah, hingga masjid dengan konsep unik.

Bandara YIA Kulonprogo sendiri dijadwalkan bakal segera beroperasi, meskipun dalam taraf atau sistem operasional minimum.

Runway Yogyakarta International Airport (YIA)
Runway Yogyakarta International Airport (YIA) (@guspandu_ via instagram.com/tribunjogja)

Penerbangan pertama yang akan beroperasi di bandara baru Yogyakarta ini adalah untuk penerbangan domestik. 

Bandara baru Yogyakarta ini disebut-sebut memiliki landasan pacu terpanjang dan keras dibanding bandara lain, yang ditangani Angkasa Pura I. 

Berikut ulasan seputar sejumlah fasilitas yang ada di Bandara YIA Kulonprogo, seperti yang dihimpun reporter Tribunjogja.com.

Runway

Landasan pacu Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Temon, Kulonprogo, 2019
Landasan pacu Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Temon, Kulonprogo, 2019 (IST)

Bandara YIA Siap Beroperasi, Ini Daftar Maskapai dan Rute Penerbangan Domestik yang Akan Dipindah

AP I Sudah Ajukan Slot Penerbangan Domestik di Bandara YIA

Bandara ini disebut-sebut memiliki landasan pacu (runway) terpanjang dan terkeras di antara bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I.

YIA dibangun dengan landasan pacu sepanjang 3.250 meter dan lebar 75 meter pada fase pertamanya.

Sedangkan pada pengembangannya ke depan, runway itu bakal diperpanjang lagi hingga mencapai 3.600 meter di fase kedua pembangunannya (ultimate).

Di fase pertamanya saja, landasan pacu Yogyakarta International Airport sudah jauh lebih panjang dari mayoritas bandara yang dikelola AP I di mana rata-rata hanya sepanjang 3.000 meter atau justru di bawahnya.

"Runway YIA jadi yang terpanjang di bandara yang dikelola AP I. Saking panjangnya, pesawat tidak perlu langsung brake (mengerem) mendadak ketika touchdown (mendarat). Jadi, pendaratannya akan sangat mulus di sini," kata Juru Bicara Proyek Pembangunan YIA PT AP I, Agus Pandu Purnama, Jumat (26/4/2019).

Landing perdana pesawat kalibrasi di Bandara Internasional Yogyakarta, Sabtu (20/4/2019)
Landing perdana pesawat kalibrasi di Bandara Internasional Yogyakarta, Sabtu (20/4/2019) (instagram.com/tribunjogja)

Kondisi pengereman secara cepat dan mendadak lumrah terjadi di Bandara Adisucipto Yogyakarta karena landasan pacunya terbilang pendek, hanya 2.200 meter.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved