Berita Jogja Hari Ini

Mulai Awal Desember, Booster Covid-19 Kedua untuk Lansia di Kota Yogya Bakal Digelar Massal

Berdasarkan data terkini, terdapat 44 ribu lansia yang bakal jadi sasaran booster kedua.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogya, Emma Rahmi Aryani. 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemkot Yogyakarta mencanangkan pemberian vaksin booster Covid-19 kedua untuk kalangan lanjut usia ( lansia ) pada awal Desember 2022 mendatang.

Selaras rencana, upaya vaksinasi tahap lanjutan tersebut, bakal dilaksanakan secara massal.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta , Emma Rahmi Aryani mengatakan, berdasarkan data terkini, terdapat 44 ribu lansia yang bakal jadi sasaran booster kedua.

Hanya saja, sampai sejauh ini pihaknya masih melangsungkan pendataan, untuk memastikan lansia yang sudah mendapat booster pertama.

Baca juga: Siap-siap! Lansia di Kota Yogya Segera Disuntik Vaksin Booster Covid-19 Kedua

"Kami tinggal menunggu wilayah untuk menghimpun sasarannya, yang belum vaksin (booster) pertama ada berapa, yang sudah berapa. Nanti tinggal kita siapkan vaksin dan nakesnya," urainya, Selasa (29/11/22).

Ia tidak memungkiri, meski capaian vaksinasi booster pertama sudah menyentuh 120 persen, jumlah tersebut bukan seluruhnya warga Kota Yogyakarta .

Pasalnya, dosis yang tersedia pun digunakan untuk memvaksin warga masyarakat atau pemohon dari luar daerah.

"Makanya, kami masih menunuggu kesiapan para sasarannya dulu. Kami tidak mau, sudah minta sekian dosis, tapi sasarannya tidak siap. Vaksin itu, kan, ada ED (expired date). Kalau sampai tidak terpakai dan ED di sini, kami yang keliru nanti," cetus Emma.

Karena itu, Dinkes pun mencanangkan vaksinasi bagi kalangan lansia ini, pada awal Desember mendatang, saat data target sasaran diyakini sudah beres.

Terkait skema pelaksanaanya, kemungkinan bakal dilakukan di wilayah secara massal, supaya para lansia yang terkendala akses pun bisa terinjeksi vaksin .

Baca juga: Vaksinasi Booster Kedua untuk Masyarakat Umum di DI Yogyakarta Tunggu Kiriman Vaksin dari Pusat

"Awal Desember kami gulirkan secara massal, dengan target 3 ribu peserta per hari. Sekarang kami tinggal menunggu data dari wilayah. Dosis vaksinnya nanti kami mintakan ke (Dinkes) DIY," ungkapnya.

Emma pun menyampaikan, vaksinasi booster kedua untuk kalangan lansia yang termasuk kategori rawan paparan Covid-19 , harus segera digulirkan.

Terlebih, dalam waktu dekat, Kota Yogya bakal menghadapi gelombang wisatawan selama libur Nataru.

"Ini sekaligus jadi persiapan menghadapi libur Natal dan tahun baru, di mana wisatawan dari berbagai daerah pasti datang ke Yogyakarta ," tambahnya.

"Meski sekarang mayoritas kasus gejala ringan, ya, atau bahkan tidak bergejala karena virusnya semakin lemah. Tapi, bagaimanapun Covid-19 tetap berisiko bagi para lansia ," tambah Kadinkes. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved