Kedaulatan Pangan dalam Perubahan Geopolitik Dunia

Pandemi Covid-19 dan konflik Rusia-Ukraina berdampak meningkatnya ancaman pada sektor vital setiap negara, termasuk sektor pangan nasional.

Editor: ribut raharjo
Istimewa
Yudah Prakoso R 

Oleh: Yudah Prakoso R

TRIBUNJOGJA.COM - Perubahan geopolitik dunia menuntut anak bangsa bersama-sama tidak sekadar berjuang mewujudkan ketahanan pangan, namun harus mewujudkan kedaulatan pangan.

Memaknai dinamika peran Indonesia dalam konstelasi ekonomi dan politik dunia, diperlukan jaminan agar upaya pemulihan ekonomi nasional, jaminan ketahanan pangan dan energi, bisa terlaksana dengan baik.

Optimisme untuk mewujudkan kedaulatan pangan harus terus dibangun melalui penerapan langkah-langkah strategis agar mampu mengakselerasi pencapaian tersebut.

Seperti yang pernah diungkapkan Bung Karno pada saat peletakan batu pertama Fakultas Pertanian Universitas Indonesia 27 April 1957, bahwa persoalan pangan adalah persoalan hidup matinya suatu bangsa.

Selain itu pandemi Covid-19 dan konflik Rusia-Ukraina berdampak meningkatnya ancaman pada sektor vital setiap negara, termasuk sektor pangan nasional.

Mengantisipasi dampak tersebut, dibutuhkan gerak bersama, searah dan tanpa kompromi untuk menjawab tantangan itu. Apalagi, pandemi juga menyasar ketahahan suatu negara dalam bidang kesehatan, ekonomi, pendidikan.

Kondisi itu, harus disikapi dengan kebijakan dan langkah yang tepat dari Indonesia yang berada dalam geopolitik dunia, sehingga menuntut tetap meningkatkan komitmen kepada prinsip-prinsip non-blok dalam menyikapi perubahan politik dan ekonomi dunia saat ini.

Saat ini dunia menghadapi potensi perang di bidang rantai pasok di era geo 5 yang mengedepankan kekuatan cyber dan artificial intelegence dalam pelaksanaannya.

Namun, hingga saat ini Indonesia hanya mengandalkan hubungan antar negara ASEAN dan bilateral dalam menghadapi perubahan geopolitik yang kompleks.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved