Pilpres 2024

Elektabilitas Ganjar Pranowo Kuasai Jawa Tengah, Unggul Telak 71,5 Persen

Berdasarkan hasil survei elektabilitas yang dilaksanakan Charta Politika, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo unggul di wilayah Jateng dan Jatim

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
kolase/dok Tribunnews.com
Jika Maju Pilpres, Prabowo, Anies, Ganjar, Siapa Menang? Ini Peta Elektabilitas 5 Lembaga Survei 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Tiga provinsi besar di Pulau Jawa menjadi salah satu lumbung suara parpol maupun presiden dan wakil presiden setiap kali pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu).

Terus bagaimana hasil survei elektabilitas calon presiden di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat?

Berdasarkan hasil survei elektabilitas yang dilaksanakan Charta Politika, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo unggul di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Sementara Prabowo Subianto menguasai Jawa Barat.

Sedangkan Anies Baswedan menempati urutan ketiga.

Survei ini dilaksanakan pada 24-30 Juni 2022 dengan julah sampel sebanyak 1.200 responden pada margin of error +/- 2,83 persen.

Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur dengan protokol kesehatan yang ketat.

Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat (multistage random sampling) pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Di Jawa Tengah, survei Charta Politika menempatkan Ganjar Pranowo diurutan pertama dengan 71,5 persen sedangkan Prabowo memperoleh 7,6 persen disusul Anies (6,2 persen).

"Ganjar Pranowo sangat mendominasi pilihan publik Jawa Tengah sebagai calon Presiden. Dalam simulasi yang diberikan, pilihan terhadap Ganjar Pranowo jauh berada di atas nama-nama lainnya," tulis Charta Politika dalam laporannya, dikutip Tribunjogja.com dari Kompas.com, Jumat (15/7/2022).

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved