Pilpres 2024

PILPRES 2024: Ganjar Pranowo Raih Elektabilitas Tertinggi Capres 2024 Menurut Survei

Pertanyaannya adalah, jika pilpres dilakukan saat ini dan Jokowi tidak bisa mencalonkan kembali, siapakah yang akan dipilih untuk menjadi capres?

Editor: Joko Widiyarso
Instagram @ganjar_pranow
Lagi Sepedaan, Dua Bocah Ini Kaget Liat Ganjar Pranowo Lewat: Loh Itu Kan Bapak yang di TikTok 

TRIBUNJOGJA.COM - Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tercatat berada di posisi puncak dalam hasil survei calon presiden (Capres) 2024 yang dirilis lembaga survei Parameter Politik Indonesia, pada Selasa (12/7).

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengatakan, melalui pertanyaan terbuka yang ditujukan ke responden, Ganjar mengungguli Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Responden kita minta untuk menjawab secara spontan. Pertanyaannya adalah, jika pilpres dilakukan saat ini dan Jokowi tidak bisa mencalonkan kembali dalam pilpres, kira-kira siapakah tokoh nasional yang akan dipilih untuk menjadi capres Republik Indonesia 2024?" kata Adi saat rilis survei secara virtual.

"Ganjar Pranowo mendapat keterpilihan 25,4 persen," sambungnya.

Adapun di bawah Ganjar, nama Prabowo Subianto berada diurutan nomor dua dengan keterpilihan 19 persen, disusul Anies Baswedan 17,8 persen, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 7,9 persen.

Ganjar Pranowo saat diwawancara seusai menyalatkan jenazah almarhum Buya Syafii Maarif, Jumat (27/5/2022)
Ganjar Pranowo saat diwawancara seusai menyalatkan jenazah almarhum Buya Syafii Maarif, Jumat (27/5/2022) (TRIBUNJOGJA.COM / Miftahul Huda)

Sementara, dalam survei elektabilitas tertutup untuk 14 dan 10 nama calon presiden. Nama Ganjar kembali menempati urutan teratas dengan 26,8 persen dan 27,9 persen.

Sedangkan, di bawah Ganjar ada nama Prabowo Subianto dengan 21,4 persen dan 22,7 persen, Anies Baswedan dengan 17,8 persen dan 18 persen, Ridwan Kamil 7,3 persen dan 8,5 persen dan sisanya di bawah 4 persen.

Lalu, dalam simulasi tertutup 7 nama, elektabilitas Ganjar 28 persen. Kemudian di bawahnya ada Prabowo Subianto 22,4 persen, Anies Baswedan 19,4 persen, Ridwan Kamil 8,4 persen, sisanya di bawah 5 persen.

Untuk simulasi tertutup 5 nama, elektabilitas Ganjar 30 persen. Kemudian di bawahnya ada Prabowo Subianto 24,4 persen, Anies Baswedan 20,7 persen, AHY 7,3 persen, dan Sandiaga Uno 5,3 persen.

Bahkan saat nama-nama sosok calon presiden kembali dikerucutkan menjadi hanya 3 nama, Ganjar Pranowo tetap unggul dengan 32,2 persen.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memberikan orasi ilmiah di depan para wisudawan Universitas Pancasila, Jakarta, Selasa (7/6/2022).
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memberikan orasi ilmiah di depan para wisudawan Universitas Pancasila, Jakarta, Selasa (7/6/2022). (Tim media Prabowo Subianto)

Di mana, jarak keterpilihan Ganjar dengan peringkat kedua yakni Prabowo Subianto sebesar 6 persen. Prabowo mendapat keterpilihan 26,4 persen, disusul Anies Baswedan 22,3 persen.

"Ganjar Pranowo sementara ini mendapat dukungan tertinggi pada skenario elektabilitas terbuka, 14 nama, 10 nama, 7 nama, 5 nama dan 3 nama," terang Adi.

Menurut Adi, temuan tersebut sesuai dengan survei yang dilakukan Parameter Politik pada bulan-bulan sebelumnya.

"Di mana, tiga besar itu didominasi oleh Ganjar, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan meski dalam rentang jarak yang relatif agak sedikit berjauh," ucapnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama wakilnya, Ahmad Riza Patria, dalam konferensi pers penerapan kembali masa PSBB pada Rabu (9/9/2020).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama wakilnya, Ahmad Riza Patria, dalam konferensi pers penerapan kembali masa PSBB pada Rabu (9/9/2020). (Dokumentasi Pemprov DKI Jakarta)
Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved