Pilpres 2024

Soal Koalisi Gerindra dan PKB, Begini Penjelasan Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad

Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sepakat untuk berkoalisi untuk menyongsong Pemilu 2024.

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
Via Kompas.com
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kanan) memberi salam kepada media usai melakukan pertemuan di Kertanegara, Jakarta, Sabtu (18/6/2022). Dalam pertemuan tersebut, Gerindra dan PKB bersepakat bekerja sama menyiapkan Pileg, Pilpres dan Pilkada di Pemilu 2024 mendatang. 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sepakat untuk berkoalisi untuk menyongsong Pemilu 2024.

Kedua elit partai Gerindra dan PKB punsudah intens melakukan pertemuan.

Terakhir pertemuan digelar pada Kamis (30/6/2022) lalu di kawasan Jakarta Pusat.

"Benar kok Gerindra dan PKB sudah sepakat untuk berkerja sama atau berkoalisi untuk bersama-sama menghadapi Pemilu tahun 2024," kata Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dalam keterangan tertulis, kemarin seperti yang dikutip dari Kompas.com.

Dasco mengungkapkan keinginan untuk berkoalisi ini berasal dari Partai Gerindra dan PKB.

"Para pengamat, mohon maaf ya jika keliru membaca, dan kepada sahabat-sahabat PKB yakinlah kebangkitan Indonesia raya sudah mendekat di depan mata," imbuh dia.

Mengenai sosok capres yang akan diusung, Dasco mengisyaratkan bahwa dukungan kepada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden menjadi syarat mutlak, setidaknya bagi Gerindra.

"Pengurus serta anggota Partai Gerindra berkewajiban mematuhi anggaran dasar/anggaran rumah tangga serta sumpah kader Partai Gerindra, sehingga semua tahapan mengenai pencapresan dan pencawapresan dari Partai Gerindra harus mengikuti mekanisme yang ada," ungkap Dasco.

"Saat ini Prabowo Subianto baru diminta akan kesediaannya untuk dikukuhkan menjadi capres dari Gerindra melalui Rapimnas yang akan diselenggarakan pada akhir bulan Juli 2022," tambah dia.

Baca juga: Cak Imin Nyatakan Kesiapannya Dicalonkan Maju Sebagai Capres dari PKB pada Pilpres 2024

Cawapres ideal

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved