Berita Kulon Progo

Rutan Kelas IIB Wates Beri Remisi untuk 28 Warga Binaan di Hari Raya Idulfitri 1443 H

Kepala Rutan Kelas IIB Wates, Deny Fajariyanto mengatakan, remisi ini diberikan kepada total 28 orang.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Yoseph Hary W
TRIBUNJOGJA/Istimewa
Rutan Kelas IIB Wates beri remisi untuk 28 warga binaan di Hari Raya Idulfitri 1443 H/2022 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, WATES - Sebanyak 28 warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Wates, mendapatkan remisi atau pengurangan masa tahanan pada Hari Raya Idulfitri 1443 H/2022.

Remisi tersebut berdasarkan dengan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor: PAS-609.PK.05.04 Tahun 2022 tentang Pemberian Remisi Khusus (RK) Idul Fitri 1443 H Tahun 2022

Remisi diserahkan langsung oleh Kepala Rutan Wates, Deny Fajariyanto dan dibacakan oleh Kasubsi Pelayanan Tahanan, Sri Marwiyah setelah melaksanakan Salat Idulfitri 2022 bersama-sama dengan petugas pemasyarakatan dan warga binaan Rutan Wates lainnya.

Keringanan bagi WBP di Rutan Wates ini diberikan sesuai dengan ketentuan UU No. 12 Tahun 1995 tentang Penyesuaian, PP no. 32 Tahun 1999 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pelaksanaan Hak WBP, yang telah diubah dengan PP No. 99 Tahun 2012 dan Perpres no. 174 tahun 1999 tentang pengurangan masa tahanan.

Kepala Rutan Kelas IIB Wates, Deny Fajariyanto mengatakan, remisi ini diberikan kepada total 28 orang.

Rinciannya, 16 orang warga binaan yang mendapatkan remisi 15 hari, dan 12 orang warga binaan yang mendapatkan remisi selama 1 bulan.

Ada dua orang warga binaan telah bebas melalui asimilasi.

“Para penerima remisi ini sebelumnya terlibat kasus yang bermacam macam dan rata rata adalah tindak pidana pencurian,” katanya dalam keterangan resmi, Selasa (3/5/2022).

Warga binaan ini telah berkelakuan baik selama dibina dalam rutan, oleh karena itu mereka layak menerima RK Hari Raya Idulfitri 1443 H.

Dia mengatakan, tidak ada remisi untuk pelaku tindak kriminal luar biasa.

Selain itu, pada tahun ini, tidak ada warga binaan yang mendapatkan remisi khusus II atau dinyatakan bebas, seluruhnya mendapatkan remisi khusus dengan besaran potongan tahanan yaitu 15 hari hingga 1 bulan.

Setelah penyerahan remisi secara simbolis tersebut, Deny berharap agar para warga binaan yang telah mendapatkan remisi tetap bisa berkelakuan baik.

“Untuk warga binaan yang tak mendapatkan remisi kali ini, kami meminta agar kalian tetap terus mengikuti program pembinaan dengan baik serta menghormati petugas selama di dalam rutan,” jelasnya.

Hingga saat ini jumlah total warga binaan adalah 78 orang.

Setelah pemberian remisi ini, kegiatan dilanjutkan dengan Kunjungan Online melalui Video Call Whatsapp.

(Ard)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved