Mutiara Ramadhan Tribun Jogja LDNU DIY

Ramadan Bulan Kesabaran

Satu  momen kesyukuran yang tak terkira ketika kita dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadan. Bulan penuh berkah, rahmat, dan ampunan.

Editor: ribut raharjo
Ramadan Bulan Kesabaran
Istimewa
KH Edy Mushoffa MSI, Wakil Katib Syuriah PWNU DIY

Oleh: KH Edy Mushoffa MSI, Wakil Katib Syuriah PWNU DIY

TRIBUNJOGJA.COM - Satu  momen kesyukuran yang tak terkira ketika kita dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadan. Bulan penuh berkah, rahmat, dan ampunan.

Bulan ini selain dijuluki sebagai Syahrul Quran atau bulan Alquran, juga disebut sebagai bulan kesabaran. Melalui bulan suci Ramadan, Allah mendidik para hamba-Nya untuk selalu ingat kepada-Nya, agar memiliki karakter sabar dalam hidupnya.

Kesabaran harus menjadi hiasan hidup setiap pribadi muslim. Dengan kesabaran diharapkan tercipta karakter sabar pada dirinya. Karena dengan kesabaran banyak persoalan yang akan terselesaikan dengan baik dan maksimal.

Secara bahasa, makna sabar yaitu menahan diri.

Adapun macam-macamnya, Syekh As-Sa’dy menyebutkan ada tiga:

Pertama, sabar dalam menjalankan ketaatan. Kedua, sabar dalam meninggalkan kemaksiatan. Ketiga, sabar atas takdir Allah yang menyakitkan dan tidak menggerutu karenanya.

Berkaitan dengan hal di atas, Imam Syafi'i mengomentari Surat al-Ashr dengan mengatakan, “Seandainya Allah memberi pencerahan kepada manusia dengan hanya menurunkan Surah Wal Ashri, maka ini saja sudah cukup. Karena kesabaranlah yang menjadi tulang punggung kesuksesan manusia, baik di dunia maupun di akhirat nanti.”

Dalam kehidupan sehari-hari, konteks kesabaran sangat luas dan beragam. Pekerjaan sehari-hari yang biasa dilakukan memerlukan kesabaran dalam pengerjaannya. Contoh, orang yang menanak nasi, menanam buah-buahan sampai berbuah, dan pekerjaan apapun yang lain harus punya sikap sabar.

Seseorang sanggup melakukan tindakan mencuri dan korupsi disebabkan tidak sabar menunggu rezeki yang halal.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved