Pilpres 2024

Elektabilitas Masih di Bawah, Partai Golkar Tegaskan Tetap Usung Airlangga Hartarto di Pilpres 2024

Partai lain yang ingin berkoalisi dengan Partai Golkar pun diwajibkan untuk bisa menerima syarat mengusung Airlangga Hartarto sebagai capres

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
partaigolkar.com
Airlangga Hartarto 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, pasal 222 menetapkan partai yang dapat mengajukan capres-cawapres harus mendapatkan 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara sah nasional di pemilihan legislatif sebelumnya.

Berdasarkan aturan tersebut, hanya Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan yang dapat mengajukan calon tanpa harus melakukan koalisi dengan partai lain.

Sementara partai lainnya dipastikan harus berkoalisi untuk mengajukan calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2024 mendatang.

Partai-partai yang harus berkoalisi untuk dapat mengajukan calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2024 mendatang pun sudah mulai mencari partner agar bisa ikut konstelasi politik tersebut.

Salah satunya Partai Golkar.

Partai Golkar sendiri sudah memutuskan untuk mengusung Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang.

Meski tidak bisa mengusung sendiri dan harus berkoalisi, Partai Golkar memastikan akan tetap mengusung ketumnya di Pilpres mendatang.

Partai lain yang ingin berkoalisi dengan Partai Golkar pun diwajibkan untuk bisa menerima syarat mengusung Airlangga Hartarto sebagai calon presiden.

Baca juga: Asosiasi Peternak Kambing se-DIY Dukung Cak Imin Maju Pilpres 2024 

Baca juga: Ditanya soal Peluang Duet dengan Cak Imin di Pilpres 2024, Prabowo : Aku Aja Belum Tentu Maju

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk Paulus.

Lodewijk pun menekankan, Golkar siap berkoalisi dengan partai manapun dengan syarat bisa menerima Airlangga sebagai calon presiden.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved