Breaking News:

Teknis Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Berbeda dengan Dewasa, Pemerintah Tak Ingin Gegabah

Setelah kebijakan mengenai anak di atas usia 11 tahun diperbolehkan menerima vaksin Covid-19, kini anak usia 6-11 tahun juga tengah dipersiapkan

Michael M. Santiago / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP
ILUSTRASI vaksin Covid-19 untuk anak 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Setelah kebijakan mengenai anak di atas usia 11 tahun diperbolehkan menerima vaksin Covid-19, kini anak usia 6-11 tahun juga tengah dipersiapkan mendapatkan suntikan imunitas tersebut.

Hanya saja hingga saat ini vaksinasi belum dilaksanakan.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan DIY, Yuli Kusumastuti mengatakan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun belum dilakukan.

Baca juga: Program Surveilans PTM Tahap Pertama di Kulon Progo Selesai, Diupayakan Akan Ada Tahap Kedua

Hal itu karena pihaknya belum menerima perintah dan masih menunggu ketentuan vaksinasi.

"Vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 ini memang ditunggu-tunggu ya. Apalagi saat ini sudah dilaksanakan pembelajaran tatap muka. Kami juga menunggu-nunggu, sampai saat ini Dinkes DIY belum mendapat perintah," katanya, Kamis (18/11/2021).

Ia menyebut dalam pelaksanaan vaksinasi anak 6-11 tahun akan berbeda dengan vaksinasi pada dewasa. Untuk itu, ia meyakini perlu ada petunjuk teknis khusus terkait vaksinasi. 

"Kita semua tahu ya BPOM sudah mengeluarkan izin darurat. Kami meyakini Kementerian Kesehatan juga ingin secepatnya melakukan vaksinasi, tetapi kan tidak bisa gegabah. Karena memang vaksinasi untuk anak-anak kan berbeda," ujarnya. 

"Secara fisiologisnya kan berbeda. Lalu nanti bagaimana teknisnya, berapa dosisnya, itu kan juga perlu diperhatikan. Ada tim khususnya yang nantinya menyiapkan," sambungnya.

Baca juga: Ibu dan Anak Asal DI Yogyakarta Sumbang Medali FST di Ajang National Heroes Day Championship 2021

Sembari menunggu juknis terkait vaksinasi anak usia 6-11 tahun, pihaknya melakukan vaksinasi untuk anak 11 tahun ke atas. Agar pelaksanaan vaksinasi, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY. 

Ia berharap dengan vaksinasi anak di atas 11 tahun dapat menambah capaian vaksinasi DIY. 

Terkait capaian vaksinasi saat ini, dosis pertama sudah mencapai lebih dari 90 persen, sedangkan dosis dua sekitar 80 persen. 

"Untuk mencapai herd immunity kan 70 persen, kita sudah lebih. Harapannya seluruh masyarakat DIY bisa divaksin," imbuhnya. (maw)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved