Breaking News:

Fasilitasi Pengunjung yang Belum Vaksin Covid-19, Pemkot Yogyakarta Buka Sentra Vaksin di Malioboro

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menghadirkan sentra vaksinasi Covid-19 di halaman Hotel Mutiara, kawasan Malioboro setiap akhir pekan

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Azka Ramadhan
Para pengunjung Malioboro yang kedapatan belum tervaksin tengah menjalani proses vaksinasi di Halaman Hotel Mutiara, Kota Yogyakarta, Sabtu (23/10/2021) lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menghadirkan sentra vaksinasi Covid-19 di halaman Hotel Mutiara, kawasan Malioboro setiap akhir pekan sejak Sabtu (23/10/2021) lalu.

Sentra tersebut, dibuka guna memfasilitasi pengunjung yang belum mendapatkan vaksin

Kepala UPT Pengelolaan Kawasan Cagar Budaya, Ekwanto mengungkapkan, sentra vaksinasi di kawasan Malioboro ini sekaligus menjadi antisipasi Pemkot Yogyakarta di tengah kebijakan pelonggaran sektor pariwisata, selepas turun tingkat PPKM ke level 2 sejak 19 Oktober 2021. 

Baca juga: Prosentase Vaksin di Kabupaten Magelang Capai 41,40 Persen

"Meski (PPKM) di DIY sudah memasuki level 2, kami tidak boleh lengah, protokol kesehatan tetap diterapkan dengan ketat. Jadi, ini merupakan bentuk tanggung jawab dari pemerintah, ya," tegasnya Minggu (24/10/2021). 

Ekwanto mengatakan, pihaknya, lewat personel Satpol PP, memang menggulirkan pemeriksaan secara acak bagi para pelancong, di sepanjang Malioboro.

Seandainya ditemukan wisatawan yang belum tervaksin, langsung diarahkan ke sentra baru di halaman Hotel Mutiara tersebut 

Karena itu, imbuhnya, sentra vaksinasi on the spot ini pun tidak memandang KTP, maupun domisili.

Sehingga, semua pengunjung yang belum tervaksin, dapat mengaksesnya. Untuk menunjang program tersebut, satu mobil vaksin didistribusikan khusus ke kawasan Malioboro. 

Baca juga: Pembelajaran Tatap Muka Berjalan, Disdikpora Gunungkidul Minta Sekolah Tingkatkan Pengamanan

"Kami tidak melihat domisilinya di mana, dia siapa. Intinya, yang terjaring oleh aparat, wajib untuk vaksin, gratis. Tidak perlu mendaftar, langsung dilayani, dari 10.00-12.00 WIB, setiap hari Sabtu, ya, akhir pekan," tandasnya.  

Sementara Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menyatakan, meski sudah menerapkan one gate system, pihaknya tetap harus memastikan pengunjung kawasan Malioboro seluruhnya telah tervaksin. Pasalnya, banyak yang datang dengan kendaraan pribadi. 

"Para pengunjung di sana hanya cukup menunjukan kartu tanda penduduk (KTP). Vaksinasi ini, tidak memandang dia penduduk mana. Kita acak saja pemeriksaannya, ya, kita siapkan 100 dosis per hari," ungkapnya. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved