Breaking News:

Genjot Pertumbuhan Ekonomi, Pemda DIY Rancang Program Work From Jogja

DI Yogyakarta bakal merealisasikan program Work From Jogja seperti halnya Bali. Langkah ini digadang-gadang dapat membantu upaya pemulihan

TRIBUNJOGJA/ Yuwantoro Winduajie
Diskusi Percepatan Perekonomian DIY di Hotel Harper, Rabu (9/6/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - DI Yogyakarta bakal merealisasikan program Work From Jogja seperti halnya Bali. Langkah ini digadang-gadang dapat membantu upaya pemulihan ekonomi di wilayah ini 

Ditargetkan mulai diterapkan pada Juli 2021 mendatang, Pemda DIY berencana memberikan insentif kepada pekerja yang mengikuti program ini. Sehingga peminatnya semakin banyak. 

"Mari kita buat promosi insentif bagi mereka yang mau tinggal di Yogya untuk work from Yogya," ujar Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji dalam diskusi Percepatan Perekonomian DIY di Hotel Harper, Rabu (9/6/2021).

Baca juga: Mulai Digunakan di Sleman, Vaksin AstraZeneca Disebut Miliki Prosentase KIPI Lebih Besar 

Insentif yang diberikan Pemda bisa dikerjasamakan dengan stakeholder di bidang pariwisata seperti seperti hotel, desa wisata, pengelola transportasi, pelaku pertunjukan, hingga pelaku usaha kuliner yang ada di DIY. 

Seluruhnya bisa memberikan diskon atau promosi program-program yang dimiliki sehingga menarik minat orang untuk berkunjung. Nantinya, pemberlakuan diskon akan disubsidi Pemda DIY.

Dicontohkan Aji, Pemda bisa bekerjasama untuk memberikan diskon wisata kuliner di berbagai restoran dan warung makan bagi orang-orang yang ingin Work from Jogja. Atau memberikan voucher diskon pertunjukan seni Ramayana.

Diharapkan program tersebut akan menumbuhkan perekonomian di DIY. Tidak hanya hotel yang diuntungkan namun sektor lain juga ikut pulih.

"Mereka kan kerjanya siang, malam bisa kita berikan insentif, misalnya pertunjukan Ramayana atau kita kasih voucher mendapatkan makan pecel lele di Malioboro, atau mengunjungi destinasi wisata," tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengungkapkan, program Work From Jogja sebenarnya sudah diterapkan pelaku industri pariwisata sejak beberapa waktu lalu di DIY. 

Mulai dari staycation di hotel ataupun desa wisata dan meeting exhibition. Ini disebut dengan sektor Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE).

Halaman
123
Penulis: Yuwantoro Winduajie
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved