Breaking News:

Garap Potensi Wisata Yogya Barat, BOB Rampungkan Masterplan Borobudur Highland

mengatakan, dengan luas lahan mencapai 309 hektar, kawasan itu siap dijadikan sebagai penunjang wisata Borobudur.

Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
Direktur Utama BOB, Indah Juanita (tengah) saat memberikan keterangan pers di Kota Yogyakarta, Kamis (6/6/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM - Rancangan masterplan untuk Borobudur Highland, yang berlokasi di perbukitan Menoreh, mencakup wilayah Kulon Progo, Purworejo dan Magelang, berhasil diselesaikan Badan Otorita Borobudur (BOB).

Direktur Utama BOB, Indah Juanita, mengatakan, dengan luas lahan mencapai 309 hektar, kawasan itu siap dijadikan sebagai penunjang wisata Borobudur.

Sehingga, nantinya, akan terwujud destinasi-destinasi di sekitarnya.

Sesuai dengan masterplan, Borobudur Highland akan terbagi ke dalam lima distrik.

Yakni, Zona Gerbang Masuk (the gate), Resort Eksklusif (exclusive ressort), Wisata Petualangan (adventure tourism), Wisata Budaya (cultural tourism), kemudian Wisata Ekstrim (extreme tourism).

Baca juga: Wawancara Eksklusif: BOB Sosialisasikan Masterplan Zona Otorita Borobudur Highland

"Zona Ressort Eksklusif yang akan digarap pertama. Tapi, karena lokasinya di perbukitan, jangan dibayangkan hotel yang akan dibangun itu seperti di perkotaan, tetap kita sesuaikan," ungkap Indah, Kamis (6/5/2021).

Ia menyebut, konsep yang diusung Borobudur Highland sejatinya mirip dengan kawasan wisata Mangunan, Bantul. Tetapi, dengan lahan yang jauh lebih luas, nilai investasinya pun ditaksir dapat menyentuh Rp1,5 triliun.

Sementara jumlah tenaga kerja yang bisa terserap, bakal lebih dari 1.800 orang di seputar zona otoritatif. Indah juga memastikan, pihaknya tetap menggandeng warga sekitar, dalam proses realisasi Borobudur Highland ini.

"Warga dilibatkan penuh, ya, untuk pemenuhan kebutuhan pariwisata seperti penyediaan konsumsi dan kuliner, hingga penampilan kesenian rakyat," tambahnya.

"Kemudian, di dalam masterplan juga disiapkan penyediaan infrastruktur, mulai air bersih, listrik, telepon dan jalan yang diperuntukkan bagi warga," lanjut Indah. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved