Breaking News:

Kota Yogyakarta

Pemkot Yogya Bakal Wajibkan Penyelenggara Test COVID-19 Sediakan Ruang Isolasi Sementara

Keberadaan ruang isolasi sementara jadi kewajiban, bagi seluruh faskes di Kota Yogyakarta, yang memfasilitasi test COVID-19.

Tribun Jogja/ Azka Ramadhan
Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mendorong fasilitas kesehatan (faskes) yang menggulirkan test COVID-19, untuk menyediakan ruang isolasi sementara.

Sehingga, ketika dijumpai kasus positif, warga pun tidak kebingungan dan tahu apa yang harus dikakukan.

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan, selama ini masih banyak faskes yang hanya menyediakan test secara mandiri, tanpa memedulikan hasil pengguna jasanya.

Dalam artian, mereka memberikan pelayanan testing saja, tanpa dilengkapi prosedur jika keluar hasil positif corona.

"Itu berpotensi memperluas sebaran virus. Setelah test, mereka masih bisa leluasa jalan-jalan, terutama yang tidak merasa sakit, atau tanpa gejala. Padahal, setelah hasilnya keluar, dia positif," ucap Haryadi, Minggu (2/5/2021).

Baca juga: Demi Upaya Percepatan, Pemkot Yogya Dorong Instansi Swasta Menggelar Vaksinasi Massal COVID-19

Karena itu, lanjutnya, keberadaan ruang isolasi sementara jadi kewajiban, bagi seluruh faskes di Kota Yogyakarta, yang memfasilitasi test COVID-19.

Alhasil, masyarakat yang baru saja menjalani test, bisa menunggu hasil di ruang khusus, untuk menghindari interaksi dengan orang lain.

"Kita akan buatkan SE (Surat Edaran). Semoga ya, sebelum tanggal 6 Mei sudah bisa kami edarkan ke seluruh faskes yang melakukan test secara mandiri," tambahnya.

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Kota Yogyakarta itu mengatakan, harus ada perbaikan dalam upaya penanganan pasien positif.

Sehingga, begitu dijumpai kasus positif, pasien bisa langsung mendapat rujukan jika memang bergejala, atau diarahkan menjalani isolasi secara mandiri.

Halaman
12
Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Gaya Lufityanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved