Breaking News:

Klaster Baru Penularan Covid-19 di DI Yogyakarta Bermunculan Saat Pemberlakuan PPKM Mikro

Klaster penularan Covid-19 di DI Yogyakarta masih terus bermunculan meski kebijakan Pemberlakuan Pengetatan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro

TRIBUNJOGJA.COM / Miftahul Huda
Wakil Sekretariat Gugus Tugas penanganan COVID-19 DIY, Biwara Yuswantana 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Klaster penularan Covid-19 di DI Yogyakarta masih terus bermunculan meski kebijakan Pemberlakuan Pengetatan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro tengah diterapkan. 

Kasus terbaru adalah klaster takziah di Dusun Blekik, Desa Sardonoharjo, Kapanewon Ngaglik, Sleman, DI Yogyakarta

Dalam klaster tersebut, terdapat 44 orang yang dinyatakan positif terinfeksi virus korona setelah melakukan pemeriksaan rapid test antigen.

Baca juga: Muncul Klaster Takziah di Dua Padukuhan, Pemkab Sleman Minta Warga Patuhi Prokes

Wakil Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY, Biwara Yuswantana mengungkapkan, kejadian ini menunjukkan bahwa fungsi pengawasan posko Satgas Covid-19 di DIY belum optimal. 

Biwara pun meminta satgas di level desa untuk melakukan pengetatan.

"Kalau kebijakan DIY lebih intens lagi untuk 3T (tracing, testing, treatment)," katanya.

Selain itu, fenomena ini menunjukkan bahwa masyarakat belum memiliki kesadaran penuh terkait potensi penularan Covid-19.

Warga kerap lupa diri jika telah kumpul bersama. Sehingga kembali menerapkan kebiasaan normal seperti sebelum masa pandemi. 

"Artinya ini menjadi tantangan bagi posko dan satgas desa. Memang ini kan merubah adaptasi (masyarakat) tidak mudah. Perlu dicermati itu supaya kemudian jangan muncul klaster baru," terangnya.

Tiap posko juga perlu mematuhi skenario penanganan Covid-19 yang ditetapkan Instruksi Kementerian Dalam Negeri terkait PPKM skala mikro yang juga membahas zonasi resiko penularan Covid-19.

Halaman
12
Penulis: Yuwantoro Winduajie
Editor: Kurniatul Hidayah
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved