Pemda DIY Tidak Lakukan Pemeriksaan di Perbatasan Wilayah Saat Libur Isra Miraj

Libur perayaan Isra Miraj kali ini tidak berpengaruh dengan kebijakan Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk melakukan penyekatan jalan

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Yuwantoro Winduajie
Plt Kepala Dishub DIY Ni Made Dwi Panti Indrayanti 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Libur perayaan Isra Miraj kali ini tidak berpengaruh dengan kebijakan Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk melakukan penyekatan jalan di perbatasan DIY-Jawa Tengah.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan, dalam libur perayaan Isra Miraj kali ini pihak Dishub DIY tidak menggelar operasi pemeriksaan surat kelengkapan hasil rapid tes antigen seperti yang pernah dilakukan saat libur perayaan Imlek Februari lalu.

Jika mengacu pada instruksi yang tertulis dalam Surat Edaran (SE) Gubernur DIY, tentang pelarangan kegiatan bepergian para ASN di tengah pandemi COVID-19, telah ditentukan pelarangan bepergian mulai tanggal 10 hingga 14 Maret 2021.

Baca juga: Belasan Kayu di Makam Tua Gunungkidul Dicuri, Keluarga Curiga Diambil Kolektor

Akan tetapi, hal itu tidak dilihat oleh Dishub DIY sebagai potensi penyebaran COVID-19 melalui mobilitas masyarakat saat libur kali ini, meski SE tersebut tururunan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan berlaku di setiap daerah.

"Tidak ada penyekatan, dan besok kami (para ASN) tetap masuk, karena libur kejepit juga tidak ada," katanya, kepada Tribun Jogja, Kamis (11/3/2021).

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Operasional (Dalops) Dishub DIY Bagas Senoadji menambahkan, pihaknya juga tidak menerjunkan anggotanya secara khusus untuk pengamanan libur perayaan Isra Miraj kali ini.

Pihaknya saat ini juga tidak melakukan pendataan mobilitas kendaraan khususnya di dalam kota antara lain Kawasan Tugu Pal Putih, Malioboro, Alun-alun dan kawasan premium lainnya.

"Tidak ada penyekatan perbatasan dan pengamanan dalam kota. Kami tidak mendata itu," jelasnya.

Baca juga: Pemkot Yogyakarta 12 Kali Beruntun Raih Predikat WTP

Sementara Komandan SAR Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah IV Dwi Rias Pramuji mengatakan, hingga pukul 11.30 tadi kawasan wisata pantai Selatan Yogyakarta terpantau sepi pengunjung.

Jika dibandingkan saat libur Imlek Februari lalu, kondisi di kawasan wisata pantai Selatan Yogyakarta saat ini jauh lebih sepi.

"Masih sepi pengunjung saat ini. Mulai pagi tadi sampai sekarang belum ada kenaikan wisatawan yang signifikan," ungkap Dwi. (hda)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved