Breaking News:

BNPB Minta Barak Pengungsian Gunung Merapi di Balerante Klaten Tetap Disiagakan

Tempat Evakuasi Sementara Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten diminta tetap disiagakan demi mengantisipasi aktivitas Gunung Merapi.

Tribun Jogja/ Almurfi Syofyan
Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Lilik Kurniawan (kanan) didampingi Kepala BPBD Klaten Sip Anwar (kiri) saat ditemui di TES Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Rabu (3/2/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendorong agar Tempat Evakuasi Sementara (TES) Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten tetap disiagakan demi mengantisipasi aktivitas Gunung Merapi.

Hal itu diminta karena mengingat hingga saat ini status Gunung Merapi masih berada pada status siaga level III.

"Ini sudah kita instruksikan agar TES tetap disiagakan. Jadi kalau kita lihat status siaga itu SOP (standar operasional prosedur) harus ada," kata Deputi Bidang Pencegahan BNPB, Lilik Kurniawan saat ditemui di TES Balerante, Klaten, Rabu (3/2/2021).

Lilik juga meminta TES tersebut dibersihkan dan dirapikan jika sewaktu-waktu warga datang lagi untuk mengungsi.

"Ini tetap kita pertahankan tidak akan kita ubah, hanya kita bersihkan dan semprot disinfektan karena saat ini juga berhadapan dengan pandemi COVID-19," tambahnya.

227 Pengungsi Gunung Merapi di Klaten Pulang ke Rumah Setelah Mengungsi Hampir 3 Bulan

Pemkab Klaten Bakal Terapkan Program Jam Songo Ora Lunga

Ia mengatakan, kedatangan pihaknya memantau kepulangan pengungsi di TES Balerante karena ingin memastikan segala prosedur kepulangan dan rencana-rencana kedepannya.

"Kedatangan ini tujuannya untuk mengecek mengenai kabar banyak pengungsi yang sudah pulang dari tempat evakuasi. Nah ini juga diperkuat oleh data-data dari BPPTKG yang menyampaikan bahwa aktivitas Merapi sudah mulai menurun," jelasnya.

Meski begitu, kata Lilik, pihaknya menegaskan agar kesiapan di TES dan desa-desa tempat para pengungsi kembali ke rumahnya agar selalu di pantau setiap saat.

"Saya mengecek itu semua agar sesuai dengan rencana dan skenario-skenario yang kita buat," imbuhnya.

Visual Gunung Merapi dilihat dari Pos Pantau Merapi Induk Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Kamis (28/1/2021).
Visual Gunung Merapi dilihat dari Pos Pantau Merapi Induk Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Kamis (28/1/2021). (TRIBUNJOGJA/ Almurfi Syofyan)

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten, Sip Anwar, mengatakan jika jumlah pengungsi yang pulang ke rumah dari TES Balerante itu berjumlah sebanyak 227 pengungsi.

Halaman
12
Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved