Breaking News:

Berita Kesehatan

Efek Diabetes Pada Mata : Penglihatan Kabur hingga Bisa Picu Kebutaan

Diabetes yang tak terkendali bisa memicu komplikasi berbagai penyakit. Satu di antaranya menyerang bagian mata.

net
Diabetes retinopati, komplikasi diabetes yang menyerang mata 

TRIBUNJOGJA.COM - Diabetes yang tak terkendali bisa memicu komplikasi berbagai penyakit. Satu di antaranya menyerang bagian mata.

Efeknya, penglihatan menjadi buram, kabur bahkan bisa mengakibatkan kebutaan.

Inilah yang disebut dengan diabetes retinopati.

Anda tidak selalu dapat mencegah retinopati diabetik.

Namun, pemeriksaan mata secara teratur, kontrol gula darah dan tekanan darah yang baik, serta intervensi dini untuk masalah penglihatan dapat membantu mencegah kehilangan penglihatan yang parah.

Ilustrasi
Ilustrasi (dok.istimewa)

Jika Anda menderita diabetes, kurangi risiko terkena retinopati diabetik dengan melakukan hal berikut:

  • Kelola diabetes Anda. Jadikan makan sehat dan aktivitas fisik sebagai bagian dari rutinitas harian Anda. Usahakan untuk melakukan aktivitas aerobik sedang, seperti berjalan kaki, setidaknya 150 menit setiap minggu. Minum obat diabetes oral atau insulin sesuai petunjuk.
  • Pantau kadar gula darah Anda. Anda mungkin perlu memeriksa dan mencatat kadar gula darah Anda beberapa kali sehari - pengukuran yang lebih sering mungkin diperlukan jika Anda sakit atau sedang stres. Tanyakan kepada dokter Anda seberapa sering Anda perlu menguji gula darah Anda.
  • Tanyakan kepada dokter Anda tentang tes hemoglobin terglikosilasi. Tes hemoglobin terglikosilasi, atau tes hemoglobin A1C, mencerminkan kadar gula darah rata-rata Anda untuk periode dua sampai tiga bulan sebelum tes. Bagi kebanyakan orang, sasaran A1C adalah di bawah 7 persen.
  • Jaga tekanan darah dan kolesterol Anda terkendali . Makan makanan sehat, berolahraga secara teratur, dan menurunkan berat badan berlebih dapat membantu. Terkadang obat juga dibutuhkan.
  • Jika Anda merokok atau menggunakan jenis tembakau lain, mintalah bantuan dokter Anda untuk berhenti. Merokok meningkatkan risiko berbagai komplikasi diabetes, termasuk retinopati diabetik.
  • Perhatikan perubahan penglihatan. Hubungi dokter mata Anda segera jika Anda mengalami perubahan penglihatan mendadak atau penglihatan Anda menjadi kabur, jerawatan atau kabur.

Ingat, diabetes tidak selalu menyebabkan kehilangan penglihatan. Mengambil peran aktif dalam manajemen diabetes dapat membantu mencegah komplikasi.

Tentang Diabetes Retinopati

Diabetes retinopati adalah komplikasi diabetes yang menyerang mata. Ini disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah jaringan peka cahaya di bagian belakang mata (retina).

Pada awalnya, diabetes retinopati mungkin tidak menimbulkan gejala atau hanya masalah penglihatan ringan. Namun akhirnya bisa menyebabkan kebutaan.

Kondisi ini dapat berkembang pada siapa saja yang menderita diabetes tipe 1 atau tipe 2. Semakin lama Anda menderita diabetes dan gula darah Anda kurang terkontrol, semakin besar kemungkinan Anda mengalami komplikasi mata ini.

Baca juga: 5 Kesalahan Sepele yang Tanpa Sadar Bisa Meningkatkan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes

Gejala diabetes retinopati

Halaman
123
Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved