Breaking News:

Berita Kesehatan

Tanaman Ini Bisa Meniru Fungsi Insulin, Berkhasiat Turunkan Gula Darah Penderita Diabetes

Coccinia indica atau ivy gourd diyakini memiliki sifat anti-diabetes dan sifat mimetik-insulin yang bisa meniru fungsi insulin

net
Ivy Gourd tanaman penurun gula darah 

TRIBUNJOGJA.COM - Coccinia indica atau yang juga dikenal sebagai 'ivy gourd' diyakini memiliki sifat anti-diabetes dan sifat mimetik-insulin alias bisa meniru fungsi insulin.

Tanaman ini tumbuh liar di seluruh India. Secara tradisional ivy gourd telah digunakan dalam pengobatan ayurverdic.

Perubahan signifikan dalam kontrol glikemik telah dilaporkan dalam penelitian yang melibatkan coccinia indican, dan para ahli percaya bahwa hal itu harus dipelajari lebih lanjut.

Sebagaimana dilansir WebMD, ada laporan bahwa ivy gourd juga digunakan untuk gonore, sembelit, penyembuhan luka dan kondisi lainnya. Namun belum ada bukti ilmiah yang kuat untuk mendukung enggunaan ini.

Untuk terapi diabetes sendiri, ivy gourd mengandung bahan kimia yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Bahan kimia di dalamnya juga bisa membantu menyembuhkan luka dengan membunuh bakteri, dapat mengurangi pembengkakan atau peradangan dan membantu membangun kembali jaringan kulit.

Baca juga: Gymnema, Herbal yang Dijuluki Si Penghancur Gula Karena Ampuh Turunkan Gula Darah

Efek Samping

Meskipun disebut ampuh dalam menurunkan gula darah, namun Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli kesehatan sebelum menggunakan ivy gourd untuk pengobatan.

1. Penggunaan jangka panjang

Tanaman ini mungkin aman bagi kebanyakan orang ketika diminum sampai 6 minggu. Efek sampingnya ringan dan mungkin termasuk sakit kepala, mual, atau pusing.

Tidak ada cukup informasi untuk mengetahui apakah tanaman ini aman digunakan dalam jangka panjang.

Baca juga: 11 Herbal Penurun Gula Darah untuk Terapi Pengobatan Alami Diabetes

Halaman
12
Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved