Breaking News:

Pilkada 2020

Pengamat Politik UGM : Tingkat Partisipasi Masyarakat Menurun, Banyak Kelompok Golput

Pencapaian target partisipasi masyarakat dalam memberikan suaranya di Pilkada 2020 dirasa akan cukup berat dicapai.

dok.istimewa
Ilustrasi Pilkada serentak 2020 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga saat ini masih tetap akan menyelenggarakan Pilkada 2020 sesuai jadwal yang telah ditentukan, yakni 9 Desember mendatang.

Meskipun, kondisi seluruh wilayah di Indonesia saat ini masih mengalami pandemi Covid-19, namun KPU disebut bakall menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam pelaksanaan Pilkada 2020

Pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Arie Sujito, mengatakan keputusan tersebut akan mendatangkan tantangan sekaligus konsekuensi tersendiri.

Di antaranya adalah pencapaian target partisipasi masyarakat dalam memberikan suaranya, dirasa akan cukup berat dicapai.

Respon Sejumlah Masyarakat Terkait Pilkada Tiga Daerah di DIY

Ini Saran Pengamat Politik UGM untuk KPU Daerah dalam Pilkada Serentak 2020

Bahkan, diprediksi pula akan muncul kelompok Golput yang lebih besar pemilu-pemilu sebelumnya.

"Apalagi sekarang di tengah pandemi Covid-19. Sebagian orang tentu menilai terlibat dalam kampanye hingga datang ke TPS sangatlah berisiko," kata Arie Sujito kepada Tribunjogja.com, Kamis (24/9/2020).

Ia menambahkan, meski sudah terdapat panduan protokol kesehatan dari KPU, namun hal itu dirasa belum cukup mampu meyakinkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilu.

Kecuali, lanjut dia, KPU berani menjamin dan mampu meyakinkan masyarakat dengan hal yang tidak biasa.

Lebih lanjut ia menegaskan, baik KPU maupun para pasangan calon (Paslon) perlu mewaspadai kemunculan kelompok kritis yang tidak mengharapkan adanya pilkada serentak di tengah pandemi Covid-19.

"Karena kalau melihat dari kontroversi dan situasi saat ini, pasti tingkat partisipasinya menurun. Banyak kelompok golput. Dan akan muncuk kelompok-kelompok kritis yang menyuarakan itu. Itu menjadi pekerjaan KPU dan tim sukses paslon," imbuhnya.

Halaman
123
Penulis: Miftahul Huda
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved