Breaking News:

Yogyakarta

Kemenag Wajibkan Calon Pengantin Ikuti Bimbingan Perkawinan

Kementerian Agama mewajibkan bagi setiap calon pengantin yang akan membina rumah tangga untuk mengikuti Bimbingan Pernikahan (Binwin).

TRIBUNJOGJA.COM / Sri Cahyani Putri Purwaningsih
Para calon pengantin sedang mengikuti acara Bimbingan Pernikahan (Binwin) di Balai desa Tirtoadi Kamis (23/7/2020) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Kementerian Agama mewajibkan bagi setiap calon pengantin yang akan membina rumah tangga untuk mengikuti Bimbingan Pernikahan (Binwin).

Kasi Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sleman, Jaenudin mengatakan, acara Binwin di Kabupaten Sleman sudah berlangsung sejak 2017 lalu dan merupakan program dari Kementerian Agama (Kemenag) Pusat bahwa calon pengantin harus mengikuti Binwin.

Tujuan dengan mengikuti Binwin untuk menciptakan keluarga yang harmonis serta menciptakan kehidupan rumah tangga yang sakinah, mawadah dan warohmah sehingga dapat menghasilkan generasi yang diharapkan.

"Dulu dalam sekali angkatan terdapat 25 pasang calon pengantin (catin) yang mengikuti Binwin. Namun sekarang ini karena adanya pandemi Covid-19, dibatasi hanya 10 catin," tutur Jaenudin Kamis (23/7/2020).

Kemenag Kanwil DIY Minta Panitia Kurban Patuhi Protokol Kesehatan

Lebih lanjut, Jaenudin mengatakan Binwin biasa dilaksanakan selama 2 hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB dengan materi yang sudah ditentukan dan pematerinya sudah terbimtek (bimbingan teknis).

Artinya pemateri sudah mendapatkan ilmu dan pendidikan yang cukup mumpuni di bidangnya sehingga materi yang sudah ditentukan tersebut bisa disampaikan kepada para catin.

Dalam sehari terdapat 4 materi yang nantinya akan disampaikan kepada para catin.

Diantaranya materi kebijakan Kemenag mengenai pelaksanaan binwin, mempersiapkan pernikahan yang kokoh dalam rangka menciptakan keluarga yang sakinah, mempersiapkan generasi yang berkualitas serta materi reproduksi.

Terlebih sebelum melaksanakan binwin, para catin akan diberikan pre test sebagai penjajakan bagi mereka sebelum mendapatkan materi.

Halaman
12
Penulis: Sri Cahyani Putri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved