Breaking News:

ADVERTORIAL

Rayakan Dies Natalis ke-59, FT UNY Siap Menuju Kampus Pendidikan Vokasional Kelas Dunia

Fakultas Teknik (FT) UNY terus berjuang untuk meneguhkan diri menjadi kampus pendidikan vokasional bertaraf internasional.

istimewa
FT UNY 

TRIBUNJOGJA.COM - Berbagai upaya terus digalakkan untuk mewujudkan visi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadi kampus kelas dunia.

Usaha ini nampak dari berbagai program yang telah berhasil merengkuh beragam prestasi dan pengakuan dari dunia internasional.

Senada dengan visi tersebut Fakultas Teknik (FT) UNY terus berjuang untuk meneguhkan diri menjadi kampus pendidikan vokasional bertaraf internasional.

Dekan FT UNY, Prof Herman Dwi Surjono, Ph D, menyampaikan bahwa seluruh komponen kampus terus didorong untuk bekecimpung dalam berbagai aktivitas internasional.

Dukung Program Merdeka Belajar, UNY Jalin Kerja Sama dengan Tanoto Foundation

“Sebagai contoh baru-baru ini, tim robotika kami mengikuti Federation of Internasional Robot-Sports Association (FIRA) di kota Changwon, Korea Selatan dan diganjar dengan 5 penghargaan,” ujarnya.

Akhir tahun ini, sambungnya, mahasiswanya juga baru saja mempersembahkan medali perak dan perunggu dalam 5th International College Students Barista Championship.

“Selain melalui kompetisi, kami juga terus meningkatkan program magang internasional dimana mahasiswa kami belajar bekerja selama kurang lebih enam bulan dengan perusahan-perusaahaan mitra kami di Jepang seperti Sagami Fresh Co, Ltd, Sanyo Tec, Kowatech, dan Domremy, Co.Ltd,” bebernya.

Ia menambahkan, program praktik mengajar di sekolah luar negeri juga terus ditingkatkan.

Saat ini pihaknya bekerjasama dengan Universiti Tun Hussein Onn Malaysia, dan Universiti Pendidikan Sultan Idris untuk menyalurkan mahasiswa yang  mengajar di sekolah Malaysia dan akan diperluas ke negara ASEAN lainnya.

Super Gampang! Tutorial Make Up Khusus untuk Musim Hujan

Staf pengajar, lanjutnya, juga terus aktif untuk mengadakan penelitian kolaborasi dengan kampus luar negeri dari Malaysia, Thailand, Taiwan, Jepang, Cina dan lain-lain.

“Pun program visiting scholars menjadi perhatian kami dimana dosen kami mengajar di kampus mitra luar negeri selama beberapa bulan dan juga sebaliknya kami menghadirkan ahli dari kampus mitra seperti Deakin University, The University of Melbourne, Yamaguchi, Kasetsart University untuk menjadi guest lecture,” ujarnya.

Herman menambahkan bahwa FT UNY juga telah melakukan langkah standarisasi internasional terhadap kualitas dan layanan dengan divisitasinya dua program studi yakni Pendidikan Teknik Elektro dan Pendidikan Teknik Elektronika oleh ASEAN Quality Network-Quality Assurance (AUN-QA sebagai bentuk pemantauan kualitas yang sistematis, terstruktur, transparan, dan berkesinambungan demi memastikan tersedianya SDM berkualitas.

Permainan Puzzle Guna Menunjang Keterampilan Berhitung Siswa SD Karya Mahasiswa PGSD UNY

“Tahun ini, kami juga tengah bersiap untuk visitasi ASIIN (Accreditation Agency for Degree Programs in Engineering, Informatics/Computer Science, the Natural Sciences and Mathematics) untuk Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif dan Pendidikan Teknik Mesin,” lanjut Herman.

Tepat hari ini FT UNY merayakan hari jadinya yang ke- 59 dengan puncak acara pada Minggu, 09 Februari 2020 berupa Senam Bersama serta kegiatan sosial seperti donor darah, cek kesehatan gratis, Perpanjangan SIM dan STNK serta lomba-lomba.

“Kegiatan Dies Natalis ke-59 ini diharapkan menjadi ajang kebersamaan demi merekatkan hubungan seluruh keluarga besar FT UNY sehingga tercipta harmoni langkah dalam mewujudkan kampus pendidikan vokasional kelas dunia,” tutup Herman.  (TRIBUNJOGJA.COM)

Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved