Kota Yogya

PTSP Kemenag Kota Yogya Hadir di JSS

Warga bisa akses izin di bidang pendidikan, rekomendasi penyelenggaraan perjalanan haji dan umroh, wakaf dan konsultasi mengenai pernikahan.

PTSP Kemenag Kota Yogya Hadir di JSS
istimewa
Aplikasi JSS 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Masyarakat Yogyakarta kini semakin dimudahkan jika ingin berurusan dengan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta.

Hanya bermodal gawai dan mengunduh aplikasi Jogja Smart Service (JSS) milik Pemerintah Kota Yogyakarta, masyarakat sudah bisa mengakses layanan tersebut.

Kepala Kantor Kemenag Kota Yogya, Nur Abadi mengatakan, pengintegrasian layanan itu dimaksudkan guna memudahkan masyarakat mengakses PTSP di Kemenag Kota Yogya.

Urus Praktik Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan Serta Antre di RS Pratama Bisa Lewat JSS

Untuk tahap awal, masyarakat sudah bisa mengakses berbagai pengurusan izin yang biasanya dilakukan di PTSP melalui JSS.

"Masyarakat cukup mengunduh aplikasi Jogja Smart Service milik Pemerintah Kota Yogyakarta dan memilih menu layanan PTSP Kementerian Agama Kota Yogyakarta untuk bisa mengakses layanan tersebut tanpa perlu datang ke kantor secara langsung," ujarnya Senin (6/1/2020).

Sejumlah pengurusan perizinan yang biasanya dilayani di PTSP diantaranya adalah izin di bidang pendidikan, rekomendasi penyelenggaraan perjalanan haji dan umroh, wakaf dan konsultasi mengenai pernikahan dapat diakses melalui layanan itu.

Dengan demikian, pelayanan kepada masyarakat diharapkan dapat semakin optimal.

Kamu Wajib Coba! Tiga Tips Super Gampang Membuat Lipstick Tahan Lama

Pihaknya berencana akan mengembangkan layanan itu ke depan.

Bahkan, jenis layanan yang bisa diaskes secara daring juga akan terus ditambah, seperti penerimaan siswa baru secara online untuk madrasah.

“Kota Yogyakarta sudah memiliki sistem penerimaan peserta didik baru secara online. Nantinya, kami akan menginduk ke sistem itu saat penerimaan siswa baru untuk madrasah,” imbuhnya.

Selain itu, layanan konsultasi mengenai wakaf, pernikahan dan ketahanan keluarga juga bisa diakses melalui aplikasi tersebut.

Warga Kota Yogya Bisa Akses Surat Pengantar RT/RW Melalui JSS

Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta akan menyiapkan konsultan untuk berkomunikasi dengan masyarakat secara online.

Pun dengan antrean pemberangkatan haji untuk Kota Yogyakarta, masyarakat bisa melihat daftar antrean dan juga berapa lama masa tunggu.

Sementara itu, Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan, diharapkan dengan integrasi layanan ini dapat semakin meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat.

Sehingga jangkauan pelayanan bisa mencakup seluruh masyarakat yang ingin menggunakan fasilitas PTSP semakin mudah. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Yosef Leon Pinsker
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved