Kulon Progo

Logistik Pemilu di Kulon Progo Mulai Didistribusikan

Pendistribusian dilakukan dalam dua hari dengan mendahulukan wilayah perbukitan.

Penulis: Singgih Wahyu Nugraha | Editor: Ari Nugroho
istimewa
Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo melepas armada pengangkut logistik Pemilu 2019 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulon Progo mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2019 ke sejumlah tempat pemungutan suara (TPS), Senin (15/4/2019).

Pendistribusian dilakukan dalam dua hari dengan mendahulukan wilayah perbukitan.

Pada hari pertama, logistik dikirim ke wilayah perbukitan Menoreh antara lain untuk Kecamatan Kokap, Pengasih, Girimulyo, Samigaluh, Kalibawang, dan Nanggulan.

Sedangkan pada Selasa (16/4/2019) logistik akan dikirim ke wilayah dataran selatan yang medannya relatif mudah yakni Sentolo, Lendah, Galur, Panjatan, Wates, dan Temon.

"Kami memang mendahulukan wilayah utara yang medannya cukup sulit. Logistik didistribusikan ke kantor desa untuk kemudian dibagikan ke tiap wilayahnya," kata Ketua KPU Kulon Progo Ibah Mithiah seuai pelepasan armada distribusi di Gudang Logistik KPU Kulon Progo di Wates.

Baca: Empat Tim Disebar Bersihkan APK di Kulon Progo

Pendistribusian logistik menggunakan enam truk yang masing-masing memuat sekitr 30 kotak.

Sehingga, tiap truk bisa tiga kali bolak-balik mendistribusikan logistik dalam sehari.

Proes pengiriman itu juga mendapat pengawalan dari Polres Kulon Progo dan jajaran Polsek. Sedangkan di desa dan TPS juga dijaga oleh anggota polisi serta linmas.

"Kami menargetkan seluruh logistik sudah terdistribusikan ke tiap desa pada H-1 pencoblosan," kata Ibah.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan mengatakan logistik pemilu di DIY sudah didistribusikan sejak 12 April, yakni di Kabupaten Gunung Kidul.

Kemudian, 13 April di Sleman, 14 April di Bantul, dan 15 April di Kabupaten Kulon Progo dan Kota Yogyakarta.

Perbedaan jadwal pendistribusian ini disesuaikan dengan kebutuhan waktu tiap daerah dan memperhitungkan tingkat kesulitan lokasi pendistribusian.

Baca: KPU Kulon Progo Temukan Ribuan Lembar Surat Suara Rusak

"Sampai saat ini tidak ada kendala yang terjadi dalam pendistribusian logistik Pemilu di DIY. Kami berharap pencoblosan berjalan lancar, damai, dan kondusif," jelas Hamdan.

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoto mengapresiasi penyelenggara Pemilu 2019 baik KPU maupun Bawaslu beserta jajaran atas kerja kerasnya sehingga seluruh tahapan berjalan dengan baik.

Menurutnya, Pemilu tahun ini menjadi perhatian bersama karena berbeda dengan Pemilu sebelumnya di mana ada banyak yang harus dipilih, termasuk calon presiden dan wakil presiden.

"Kami berharap partisipasi masyarakat bisa lebih meningkat. Targetnya, tahun ini partisipasinya bisa 85 persen," kata Hasto.

Selain pelepasan armada pengangkut logistik, pada kesempatan itu juga dilakukan pemusnahan 1.205 surat suara yang tak terpakai maupun rusak.(TRIBUNJOGJA.COM)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved