Ayahuasca, Ramuan Amazon yang Bikin Halusinasi hingga Alam Supranatural

Beberapa suku di Amazon dan lembah Orinoco Amerika Selatan mampu menyadari kehadiran para roh melalui upacara minum anggur.

Ayahuasca, Ramuan Amazon yang Bikin Halusinasi hingga Alam Supranatural
IST
Turis ikut meramu Ayahuasca, minuman dari Suku Amazon yang bikin halusinasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Dunia tak kasat mata memang sulit dibuktikan keberadaannya. Namun, dari beberapa temuan tertulis beberapa suku di Amerika Selatan mampu menyadari kehadiran para roh melalui upacara minum anggur.

Halusinogen atau zat pemicu halusinasi yang banyak disalahgunakan oleh sebagian remaja kota besar dalam zaman modern ini, ternyata telah dikenal masyarakat tradisional zaman dulu.

Zat itu sering terdapat dalam tanaman, seperti kecubung, kaktus peyote yang mengandung meskalin, jamur yang mengandung psilocybin, DMT (dimetiltriptamin, zat sintetik), STP – sintetik halusinogen yang efeknya seperti LSD (lysergic acid diethylamide), dan amfetamin.

Adalah hutan hujan Amazon dan lembah Orinoco, yang terletak di Kolumbia dan Ekuador, tempat tumbuh sejenis tanaman anggur rambat yang oleh para ahli botani disebut Banisteriopsis caapi.

Bila batangnya direbus atau direndam air kemudian diracik bahan-bahan alamiah hasilnya adalah bahan halusinogenik yang mereka sebut Yaje (baca: ya-hei) atau Ayahuasca yang berarti Anggur bagi Sang Jiwa.

Tanaman anggur rambat Banisteriopsis caapi.
Tanaman anggur rambat Banisteriopsis caapi. (IST/Julian Palmer)

Membantu dukun meramal

Anggota masyarakat modern banyak yang terjerumus menggunakan zat halusinogen sebagai "gerbang ajaib" untuk melarikan diri dari kenyataan pahit kehidupan.

Dengan cara penggunaan yang cenderung salah, yang didapatkan justru "perjalanan" yang tidak bisa diramalkan, tidak menyenangkan, bahkan berakibat kematian. Lain halnya dengan masyarakat terasing di Amazon.

Dalam tradisi mereka telah terbentuk kepercayaan dasar yang menganggap suci upacara minum Yaje. Amaru atau dukun wanita, kendi tempat abu sembahyang, dan roh di alam semesta adalah bagian dari kenyataan.

Setelah meminum Yaje, biasanya mereka merasakan satu atau beberapa gejala, mulai dari pusing, berkeringat, gemetar, kejang, mual, muntah yang berkepanjangan, diare hebat, mengalirnya lendir dari hidung, terteror rasa takut, dan dorongan bertindak agresif.

Halaman
1234
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved