Dua Siswa MAN 3 Bantul Raih Medali Perak OPSI 2022

PRESTASI luar biasa telah ditorehkan siswa MAN 3 Bantul (Mantaba) pada ajang Olympiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2022.

Editor: Agus Wahyu
TRIBUNJOGJA.COM/ AGUS WAHYU
Dua siswa MAN 3 Bantul menerima medali perak OPSI 2022. 

Kholif Diniawati MPdBI
Guru MAN 3 Bantul

 

PRESTASI luar biasa telah ditorehkan siswa MAN 3 Bantul (Mantaba) pada ajang Olympiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2022 yang diikuti 3.000 peserta perwakilan siswa dari seluruh Indonesia.

Dua siswa Mantaba, Himmatul Aliyyah dan Afifah Dewi Astuti, siswa kelas XI IPA 2 berhasil melaju menuju final yang digelar pada Senin (21/11). Mereka berhasil meraih medali perak pada babak final OPSI 2022 bidang Matematika, Sains, dan Teknologi (MST).

Kemenangan tersebut diraih, setelah keduanya memresentasikan hasil penelitian dengan judul ‘Nanopartikel Perak dengan Reduktor Ekstrak Belimbing Wuluh sebagai Detektor Merkuri Menggunakan Kamera Smartphone’.

Penampilan dan penguasaan materi, serta kecakapan dalam presentasi telah membuahkan hasil membanggakan dengan meraih juara 2 di tingkat nasional. Hal ini juga didukung kerja keras, semangat, dan kerjasama yang baik antara peserta dengan pembimbing, Ismaryati MPd, guru Kimia MAN 3 Bantul.

Kesuksesan dalam meraih prestasi tersebut menjadi bukti, bahwa penunjukan MAN 3 Bantul sebagai madrasah riset oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama DI Yogyakarta memang tepat dan sesuai minat bakat siswa.

Mengetahui keberhasilan siswanya dalam OPSI tersebut, Kepala Madrasah Drs Syamsul Huda MPd, merasa bersyukur dan berharap peneliti-peneliti muda di Mantaba akan terus bermunculan dan menjadi generasi penuh manfaat pada masa mendatang.

“Keberhasilan ini menjadi tonggak sejarah yang akan menjadi pemicu dan pemacu untuk pencapaian prestasi di masa yang akan datang. Teruslah berjuang dan menjadi inspirator untuk generasi kedepan,” tegas Huda. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved