Berita Kota Yogya Hari Ini

Pemkot Yogyakarta Optimis Revitalisasi Pedestrian Senopati Selesai Akhir 2022

Proyek revitalisasi Pedestrian Jalan Senopati, Kota Yogyakarta diyakini bakal terselesaikan pada penghujung 2022 mendatang. Praktis, aktivitas

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Proyek revitalisasi Pedestrian Jalan Senopati, Kota Yogyakarta diyakini bakal terselesaikan pada penghujung 2022 mendatang.

Praktis, aktivitas wisatawan sepanjang libur Natal dan tahun baru nanti, yang diprediksi meningkat cukup signifikan, tidak akan terdampak rangkaian pekerjaan fisik tersebut.

Kepala Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta, Hasri Nilam Baswari, mengatakan, sampai sejauh ini proyek telah terlaksana sekitar 70 persen.

Baca juga: Gelandang PSS Sleman, Kim Jeffrey Kurniawan Kerap Berikan Teriakan Semangat

Karena itu, ia optimis, pekerjaannya bisa dirampungkan sesuai target.

"Untuk pedestriannya secara umum sudah (selesai), tinggal titik-titik manhole dan area yang nanti bakal ditempati street furniture," katanya, Senin (14/11/2022).

Adapun street furniture yang akan menghiasi kawasan pedestrian Jalan Senopati, antara lain bangku taman, lampu dan tempat sampah, yang bentuknya sudah disesuaikan standar estetika.

Menurutnya, menjelang akhir tahun ini, pihaknya berupaya mengebut proses pemasangan, supaya tidak meleset dari target.

"Yang belum terlaksana sekarang sebagian besar di pemasangan street furniture. Untuk dropping material jadinya sebenarnya sudah ada, tinggal pemasangan saja. Tapi, itu kan butuh waktu, ya," cetusnya.

Nilam pun memastikan, meski digarap dalam jangka waktu yang relatif singkat, revitalisasi pedestrian Jalan Senopati tetap dikerjakan sesuai tata kelola dan tidak sebatas kejar 'jam tayang' semata.

Terlebih, alokasi yang digelontorkan tidak sedikit, hingga menyentuh Rp Rp12,2 miliar dari Dana Keistimewaan (Danais).

Baca juga: Bidan PNS yang Diduga Selingkuh dengan Oknum Polisi Terancam Sanksi, Ini Kata BKPSDM Purworejo

Di samping itu, dalam pelaksanaanya, Pemkot Yogyakarta juga sama sekali tidak menempuh penebangan pohon perindang.

Dengan begitu, semua vegetasi yang selama ini sudah berjajar di sepanjang Jalan Senopati tetap dipertahankan dan tidak tergerus proyek.

Adapun proyek strategis Pemkot Yogyakarta pada 2022 itu akan mengubah wajah pedestrian di sisi utara dan selatan sekaligus.

Karena satu kesatuan dengan Jalan KH Ahmad Dahlan, di mana lokasinya hanya terpisah simpang empat titik nol kilometer, konsep kedua pedestrian dipastikan tetap serupa. (aka)

 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved