Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Di Tengah Gempuran Era Digital

Terlebih di tengah era digital seperti sekarang ini, wawasan kebangsaan sangat relevan untuk menangkal arus informasi dan budaya asing.

Editor: ribut raharjo
Net
Ilustrasi 

Oleh: Galih Sekar Cempakha, Peserta LATSAR CPNS Kemkominfo Angkatan XXV Kelompok 1

TRIBUNJOGJA.COM - Wawasan kebangsaan sejatinya harus dimiliki semua warga negara Indonesia.

Terlebih di tengah era digital seperti sekarang ini, wawasan kebangsaan sangat relevan untuk menangkal arus informasi dan budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa.

Di sisi lain, di tengah gelombang pasang informasi yang serba-cepat dan budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa, diperlukan penanaman wawasan kebangsaan yang mudah diterima, utamanya anak muda.

Upaya untuk memperkenalkan nilai-nilai luhur dari Pancasila serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari harus terus dilakukan dan ditingkatkan. Pancasila adalah fondasi.

Penguatan nilai-nilai Pancasila berkait erat dengan Bela Negara. Terlebih di era seperti sekarang ini, budaya asing begitu mudah masuk melalui teknologi, kekayaan yang melimpah menjadi incaran dunia, sehingga perlu sikap tegas dalam Bela Negara.

Dengan penguatan nilai-nilai Pancasila, Bela Negara maka persatuan dan kesatuan kita akan menjadi lebih kuat, menjadi bangsa yang kuat, besar dan mampu menangkal kepentingan-kepentingan asing.

Untuk mengimplementasikan semua itu, cukup mudah. Kitsa bisa berpartisipasi aktif dalam organisasi kemasyarakatan.

Bentuk aktualisasi paling dekat adalah dengan mengikuti kegiatan organisasi kemasyarakatan seperti karang taruna.

Organisasi seperti ini akan membantu menumbuhkan kecintaan dan kepeduliaan terhadap sesama. Tumbuh dan berkembang bersama, serta turut menjaga kerukunan sosial lingkungan sekitar.

Selanjutnya adalah menyalurkan haknya dalam pemilihan umum. Sebagai warga negara yang baik tentunya harus menjalankan hak, dan tentu kewajibannya sebaik mungkin. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved